Entrepreneur Hub dibentuk untuk memfasilitasi para pelaku usaha untuk mampu membangun dan mengembangkan usahanya
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) berharap pelaksanaan Entrepreneur Hub mampu melahirkan inovasi-inovasi kegiatan dalam pengembangan kewirausahaan terutama dari kalangan perguruan tinggi.

"Perguruan tinggi diharapkan dapat melakukan hilirisasi riset yang telah dikembangkan, sehingga apa yang telah dihasilkan betul-betul dapat dirasakan manfaatnya bagi wirausaha-wirausaha muda," kata Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) Siti Azizah dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Azizah menuturkan kalangan perguruan tinggi dapat membantu para pelaku wirausaha dengan memberikan akses atau fasilitasi pada hal-hal yang krusial dan sangat dibutuhkan.

Entrepreneur Hub, menurut dia, mampu menjadi wadah kolaborasi dari berbagai pihak yang memiliki visi dan misi yang sama terkait pengembangan kewirausahaan dan diharapkan agenda ini terus berjalan dan berkembang.

Selain itu, lanjutnya, Entrepreneur Hub dibentuk untuk memfasilitasi para pelaku usaha untuk mampu membangun dan mengembangkan usahanya.

Bukan hanya memberikan pelatihan, namun juga membantu para pelaku usaha dengan memberikan mentoring, pendampingan, dan akses pada pembiayaan dan perbankan.

"Hal ini sejalan dengan arahan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki untuk menciptakan satu juta wirausaha baru di tahun 2024 guna menuju negara maju," ucapnya.

Melalui Entrepreneur Hub, Kemenkop UKM meyakini bisa terus meningkatkan jumlah dan peran pemangku kepentingan dalam pengembangan kewirausahaan yang pada akhirnya akan meningkatkan angka rasio kewirausahaan di Indonesia.

Entrepreneur Hub Sesi 2 yang berlangsung di Universitas Agung Podomoro, terdapat sebanyak 100 orang melakukan proses mentoring bersama masing-masing mentor secara online.

Para pelaku usaha juga telah menyusun profil singkat usaha yang nantinya akan dibuat dalam sebuah e-katalog untuk memudahkan para investor dan pihak lain melihat profil mereka.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor Universitas Agung Podomoro Bacelius Ruru menekankan bahwa Entrepreneur Hub dilakukan untuk memfasilitasi wirausaha dalam membangun dan mengembangkan usaha.

Melalui program ini, kata Ruru, mahasiswa juga dapat mengambil peran aktif mengedukasi masyarakat melalui ilmu yang didalami, serta mampu menjadi poros penting penciptaan satu juta wirausaha baru hingga 2024.

"Mari kita bersama membangun Indonesia maju melalui ekosistem kewirausahaan untuk mewujudkan wirausaha mapan, inovatif, dan berkelanjutan," ujarnya.

Baca juga: KemenKopUKM genjot platform digital lokal perluas akses pasar UMKM
Baca juga: Teten targetkan 10 juta NIB terbit tahun ini
Baca juga: Bahlil minta perbankan terbuka perihal pembiayaan UMKM berbasis NIB


Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023