Ini adalah akademi J-League pertama di Indonesia dan ASIOP menjadi pionir.
Jakarta (ANTARA) - Klub Liga Jepang Shonan Bellmare berkolaborasi dengan ASIOP untuk mendirikan akademi J-League pertama di Indonesia dengan nama Shonan Bellmare Indonesia Soccer School.

Dikutip dari rilis yang diterima, Sabtu, Shonan Bellmare Indonesia Soccer School telah diluncurkan di markas ASIOP di Komplek Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu.

Acara peluncuran tersebut dihadiri oleh Presiden ASIOP Ade Prima Syarif, Chairman ASIOP Ade Wellington, Direktur Teknik Shonan Bellmare Kiyoshi Sekiguchi, dan mantan pemain legendaris Shonan Bellmare yang kini menjadi pelatih akademi Shonan Bellmare yakni Shimamura Tsuyoshi.

Ade Prima Syarif mengatakan peluncuran Shonan Bellmare Indonesia Soccer School ini sebagai implementasi setelah terjalinnya kerja sama antara kedua pihak yang diumumkan pada Desember 2022.

"Yang pasti ini adalah akademi J-League pertama di Indonesia dan ASIOP menjadi pionir. Kami merasa kultur sepak bola Jepang ini sangat kuat, khususnya di Shonan Bellmare. Kita tahu sepak bola Jepang kini adalah nomor satu di Asia dan ranking 20 Dunia," ungkap Ade Prima.

Baca juga: ASIOP jalin kerja sama dengan klub asal Jepang Shonan Bellmare

Hal senada diungkap Ade Wellington yang mengatakan pendirian Shonan Bellmare Soccer School di Indonesia diharapkan dapat membuka kesempatan anak-anak dan pelatih-pelatih Indonesia untuk belajar sepak bola langsung ke Jepang.

"Intinya, kenapa harus kita dirikan Shonan Bellmare Soccer School di Indonesia karena sudah pasti kami melihat ada negara di Asia yang secara geografis, secara postur, dan lain sebagainya, itu sama seperti Indonesia. Kita tinggal meniru apa yang sudah dilakukan mereka di Jepang," jelas Ade Wellington.

Sementara itu Direktur Teknik Shonan Bellmare Kiyoshi Sekiguchi mengaku antusias berkolaborasi dengan ASIOP untuk mendirikan sekolah sepak bola Shonan Bellmare di Indonesia.

"Saya sangat senang dengan dibukanya Shonan Bellmare Indonesia bersama ASIOP. Saya harap banyak anak-anak Jepang dan anak-anak lokal dari Indonesia bisa ikut bergabung di Shonan Bellmare Indonesia Soccer School. Saya sangat antusias," jelas Kiyoshi.

Kehadiran Shonan Bellmare Indonesia langsung disambut antusias oleh pesepakbola di Tanah Air, pasalnya sebelum Shonan Bellmare Indonesia menggelar launching resmi, kini sebanyak puluhan anak sudah mendaftar untuk menjadi siswa usia 6 hingga 12 tahun.

Mereka pun kini sudah mulai berlatih di lapangan Main Gandaria, bersama pelatih-pelatih akademi Shonan Bellmare dari Jepang dan didampingi beberapa pelatih ASIOP.

Rencananya beberapa bulan ke depan Shonan Bellmare juga akan mulai menggelar latihan di Lapangan GBK dan ASIOP Training Ground Sentul.

Baca juga: Rekor di Liga Utama Jepang yang sulit dipatahkan
Baca juga: Prestasi terbaik pemain J.League sepanjang sejarah Piala Dunia

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023