Jakarta (ANTARA) - Pebalap tim satelit Pramac Ducati Jorge Martin memenangkan sprint race MotoGP Perancis di sirkuit Le Mans, Sabtu malam WIB.

Pebalap asal Spanyol itu meraih kemenangan perdana di kelas tertinggi kejuaraan dunia balap motor usai mencatatkan raihan waktu tercepat 19 menit 59,037 detik.

Diposisi kedua pebalap Red Bull KTM Bard Binder lalu pebalap Ducati Fransesco "Pecco" Bagnaia di posisi ketiga dan Luca Marini serta Marc Marquez berada di posisi keempat dan kelima.

Pecco Bagnaia yang memperoleh pole position pada balapan Minggu, tampil dengan start mulus di sprint race. Jorge Martin hanya dapat membuntuti Pecco.

Pada lap kedua Pebalap Red Bull KTM Jack Miller mengalami crash dan terjatuh. Di lap ketiga Bagnaia terus ditempel ketat oleh Jorge Martin dan Marc Marquez.

Baca juga: Bagnaia tercepat di sesi kualifikasi MotoGP Perancis kalahkan Marquez

Jorge Martin berhasil merebut posisi terdepan dari Bagnaia pada lap keempat. Sementara Bagnaia tampak kesulitan menyusul dan terlibat duel perebutan posisi kedua dengan Marquez.

Manuver antara Bagnaia dengan Marquez dari jarak dekat justru dimanfaatkan oleh Brad Binder yang menyerobot masuk dan merebut posisi kedua.

Pada empat lap terakhir, Marquez gagal mempertahankan kecepatan motor hingga dapat disalip oleh Bagnaia dan pebalap Luca Marini (Mooney VR46).

Dalam dua lap tersisa Bagnaia masih mencoba untuk menyegel peringkat kedua dari Brad Binder namun usaha Bagnaia berakhir dengan kekalahan.

Baca juga: Oliveira absen pada GP Prancis untuk fokus pemulihan cedera

1. Jorge Martin (Pramac Ducati) 19 menit 59,037 detik
2. Brad Binder (Red Bull KTM) + 1,840 detik
3. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) + 2,632 detik
4. Luca Marini (Mooney VR46 Ducati) + 3,418 detik
5. Marc Marquez (Repsol Honda) + 3,541 detik
6. Johann Zarco (Pramac Ducati) + 4,483 detik
7. Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Ducati) + 5,224 detik

Baca juga: Federal Oil berharap dua pebalapnya kembali raih poin di GP Le Mans

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023