Jangan nanti begitu selesai banjir orang lupa"
Jakarta (ANTARA News) - Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan saat ini adalah waktu yang tepat untuk memperbaiki infrastruktur di bidang pengairan sehingga banjir tidak terus terulang di Jakarta.

"Saya sependapat dengan Pak Presiden, penyelesaian begini justru di musim hujan. Jangan nanti begitu selesai banjir orang lupa," kata Kalla usai bertemu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Kantor Presiden Jakarta, Jumat.

Kalla mengatakan dalam waktu dekat Presiden akan mengambil langkah untuk memastikan upaya penanganan banjir segera dilakukan sehingga peristiwa serupa tidak terus berulang di ibukota.

"Dalam perbaikan itu tentu perlu banyak anggaran. Anggaran kita terlalu besar, subsidinya justru dinikmati orang yang macet di jalanan itu. Bagaimana uang itu jangan dihabiskan di macet," kata Jusuf Kalla.

Ia mengatakan pengurangan subsidi bahan bakar membuat anggaran yang ada bisa digunakan untuk memperbaiki infrastruktur.

"Ini kan pilihan, mau cepat selesai infrastruktur atau habis subsidi itu dipakai utk kemacetan. Pilih mana?" tanya Kalla.

Ia melanjutkan, "misalnya ada uang Rp300 triliun, uang itu dipakai untuk bensin murah ke orang yang punya kendaraan, ya macet, habis itu. Maka pilihan kedua, memperbaiki jalan, perairan, perbaiki sekolah, musholla agar anak jalan enak ke rumah tidak banjir, gimana? Itu saja pilihannya."

(P008)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013