Jakarta (ANTARA) - Borussia Dortmund menempel ketat Bayern Muenchen di klasemen sementara Liga Jerman usai menekuk Monchengladbach 5-2 pada pekan ke-32 di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund, Sabtu.

Pada pertandingan ini kemenangan Borussia Dortmund hadir berkat gol Donyell Malen, Jude Bellingham, Sebastien Haller (2) dan Giovanni Reyna, sedangkan Monchengladbach sempat membalas melalui Ramy Bensebaini serta Lars Stindl, demikian catatan Liga Jerman.

Borussia Dortmund masih menduduki posisi kedua klasemen sementara Liga Jerman dengan torehan 67 poin dari 32 laga, terpaut satu poin dari Bayern Muenchen di peringkat pertama.

Di sisi lain, Monchengladbach masih tertahan di posisi ke-11 klasemen sementara Liga Jerman dengan raihan 39 poin dari 32 pertandingan.

Baca juga: Borussia Dortmund berpesta enam gol ke gawang Wolfsburg

Dortmund mendominasi jalannya pertandingan dengan mencatatkan 55 persen penguasaan bola serta melepaskan 34 tendangan yang 12 di antaranya tepat sasaran.

Ketika laga baru berjalan lima menit, Dortmund langsung mengambil inisiatif menyerang dan mampu unggul 1-0 melalui gol yang dicetak Donyell Malen.

Tim tuan rumah memiliki peluang emas untuk menggandakan keunggulan ketika mendapatkan hadiah tendangan penalti usai Florian Neuhaus melanggar Sebastien Haller.

Jude Bellingham yang maju sebagai algojo sukses melaksanakan tugasnya usai tendangannya tak mampu dijangkau oleh Jan Olschowsky sehingga skor berubah menjadi 2-1 pada menit ke-18.
Berselang dua menit Dortmund menambah keunggulan mereka menjadi 3-0 usai Haller mencetak gol setelah memanfaatkan umpan dari Malen.

Haller kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-32 melalui tendangan yang ia lepaskan setelah menerima umpan dari Malen sehingga skor berubah menjadi 4-0. Skor tersebut bertahan hingga babak pertama usai.

Selanjutnya pada babak kedua Monchengladbach secara perlahan mampu bangkit dan memiliki peluang emas usai mendapatkan hadiah tendangan penalti setelah Giovanni Reyna melanggar Ramy Bensebaini di kotak terlarang.

Bensebaini berhasil membawa Monchengladbach memperkecil ketertinggalan menjadi 1-4 pada menit ke-75 setelah tendangannya mampu membobol gawang Gregor Kobel.

Baca juga: Borussia Dortmund naik ke puncak klasemen usai tekuk Frankfurt 4-0

Monchengladbach terus berusaha untuk mencari gol tambahan dan membuahkan hasil pada menit ke-85 melalui gol yang dicetak oleh Lars Stindl setelah memanfaatkan umpan Luca Netz.

Memasuki waktu tambahan babak kedua, Dortmund memastikan kemenangan dengan skor 5-2 setelah tendangan Giovanni Reyna membobol gawang Monchengladbach pada menit ke-90+4. Skor tersebut bertahan hingga pertandingan usai.

Selanjutnya Borussia Dortmund akan bertandang ke markas Augsburg pada pekan ke-33 Liga Jerman, Minggu (22/5), sedangkan Monchengladbach akan menantang Bayer Leverkusen, di hari yang sama.

Berikut hasil lengkap Liga Jerman pekan ke-32:

Koln 5 - 2 Hertha Berlin

Vfl Bochum 3 - 2 Augsburg

Wolfsburg 2 - 1 Hoffenheim

Bayern Muenchen 6 - 0 Schalke

Eintracht Frankfurt 3 - 0 Mainz

Union Berlin 4 - 2 SC Freiburg

Borussia Dortmund 5 - 2 Monchengladbach

Jadwal Liga Jerman pekan ke-32:

Minggu (14/5)


Vfb Stuttgart vs Bayer Leverkusen 20.30 WIB

RB Leipzig vs Werder Bremen 22.30 WIB.

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023