Jakarta (ANTARA) - CEO Indodax Oscar Darmawan menyatakan bahwa pihaknya memutuskan melakukan audit Proof of Reserve (PoR) guna meningkatkan rasa aman bagi nasabah untuk bertransaksi.

"Di awal tahun ini, kami bekerja sama dengan auditor kenamaan Kreston Indonesia KAP Hendrawinata Hanny Erwin & Sumargo untuk melakukan audit. Ini merupakan salah satu bentuk konsistensi dan pembuktian kami kepada nasabah Indodax bahwa Indodax adalah crypto exchange terpercaya dan kami adalah crypto exchange yang memiliki likuiditas baik," kata Oscar dalam keterangan resmi, Jakarta, Minggu.

Sesuai dengan pernyataan resmi yang diperoleh Indodax, lanjut dia, Kreston Indonesia KAP Hendrawinata Hanny Erwin & Sumargo telah melakukan verifikasi Penerapan Prosedur yang Disepakati Bersama (AUP) atas PoR dan Perhitungan Kecukupan Likuiditas Perusahaan pada tanggal 31 Januari 2023, kemudian menerbitkan laporan AUP pada tanggal 18 April 2023.

Hasil audit dari auditor tersebut tidak menemukan pengecualian atau ketidaksesuaian atas aset kripto yang dimiliki perusahaan. Jumlah aset kripto dan aset lainnya yang diperiksa telah sesuai.

Pihak auditor juga menyatakan bahwa saldo kas dan piutang payment gateway Indodax melebihi total saldo dan portofolio kewajiban member pada tanggal yang sama.

Dengan adanya hasil audit resmi itu, Oscar sebagai pelaku industri mengharapkan crypto exchange lokal lainnya yang terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) juga bisa melakukan audit untuk menjamin likuiditas yang dimiliki oleh perusahaan.

"Saya yakin jika crypto exchange lokal sudah melakukan audit dan mengumumkan hasil auditnya, investor kripto dalam negeri akan semakin percaya dan memilih untuk bertransaksi di crypto exchange lokal yang sudah jelas keamanannya dari segi legalitas oleh pemerintah ataupun dari segi likuiditas yang dimiliki. Trust dan transparency adalah hal yang sangat penting di industri kripto," ungkap dia.

Sebelum melakukan kerja sama audit, Indodax disebut sudah lebih dulu mengumumkan address tagging secara terbuka di Etherscan.io untuk dompet Ethereum dan dompet Bitcoin yang sudah disebar pada November 2022.

"Tidak hanya itu, Proof of Reserve kami pun sudah dapat diakses dengan bebas oleh siapapun di CoinMarketCap dan sudah terverifikasi. Indodax merupakan satu satunya crypto exchange lokal yang sudah memberikan address tagging secara terbuka, reserve yang terverifikasi CoinMarketCap, dan melakukan audit dengan bekerjasama dengan Kantor Akuntan Publik," ucapnya.

Baca juga: Indodax paparkan keuntungan dari GameFi buat para penggiat gim
Baca juga: Indodax sebut smart contract tunjang transaksi kripto tetap transparan
Baca juga: Indodax luncurkan fitur "staking" di tengah perkembangan pesat kripto


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023