Mereka digaji untuk melayani masyarakat, bukan nongkrong di kedai kopi."
Tanjungpinang (ANTARA News) - Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah merasa kecewa karena banyak pegawai negeri sipil yang tidak disiplin.

"Banyak PNS yang tidak berada di kantor saat jam kerja, justru ngobrol dengan teman-temannya di kedai kopi," kata Lis di Tanjungpinang, Jumat.

Lis dilantik sebagai Wali Kota Tanjungpinang bersama wakilnya Syahrul dua hari lalu. Sebelum dilantik, Lis-Syahrul sudah beberapa kali melihat PNS Tanjungpinang berpakaian seragam berada di warung kopi selama berjam-jam pada saat jam kerja.

"Budaya ngopi itu masih juga terjadi," kata Lis.

Lis pada upacara pertama di Kantor Pemkot Tanjungpinang, sudah mengingatkan PNS untuk melaksanakan tugasnya secara maksimal terutama dalam melayani kepentingan masyarakat, serta bersikap netral.

PNS yang tidak disiplin dan tidak melaksanakan tugasnya secara maksimal akan dikenai sanksi sesuai ketentuan yang berlaku. Penerapan sanksi diharapkan dapat memberi efek jera bagi pegawai yang tidak disiplin.

"Harus ditanamkan budaya malu. Mereka digaji untuk melayani masyarakat, bukan nongkrong di kedai kopi," katanya.

Persoalan kedislinan PNS menjadi target utama yang dibenahi saat ini. PNS tidak akan dapat bekerja optimal jika pada saat jam kerja berada di kedai kopi.

"Sikap PNS yang lalai dalam melaksanakan tugasnya itu dapat membuat rakyat marah. Masalah ini sebenarnya tidak sulit dibenahi jika semua PNS berniat bekerja optimal," ujarnya.

Lis mengaku sudah membagi tugas dengan Wakil Wali Kota Tanjungpinang Syahrul. Persoalan kepegawaian Pemkot Tanjungpinang akan dibenahi secara intensif oleh wakilnya.

"Saya mengurus hal-hal lain yang berhubungan dengan kesejahteraan rakyat, pembangunan dan investasi," katanya. (NP/E005)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013