Jakarta (ANTARA) -
Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Golf Indonesia (PB PGI) Japto Soelistyo Soerjoesoemarno mensyukuri keberhasilan tim golf Indonesia, yang berhasil membawa pulang dua medali dari partisipasi di SEA Games 2023.
 
Cabang olahraga golf menyumbang dua medali bagi tim Indonesia, dengan rincian satu medali perak dari nomor beregu putri, dan satu medali perunggu dari nomor beregu putra.

"Sekarang kita harus berterima kasih dengan apa yang mereka dapat, bahwa paling tidak golf yang hanya tujuh orang bisa menyumbang dua medali, menambah medali kita. Jangan dibandingkan sama yang lain, 20 atlet, 30 atlet. Gak dapat sekian banyak. Kita dengan hanya tujuh, bisa menghasilkan dua, Alhamdulillah," kata Japto saat ditemui setelah acara penyambutan atlet SEA Games di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu malam.
 
Japto yang baru terpilih sebagai Ketua Umum PB PGI pada Februari silam untuk menggantikan Murdaya Po, menyatakan bahwa persiapan PGI untuk para atlet golf SEA Games 2023 tergolong sempit.

Meski demikian, para atlet golf itu masih dapat mengikuti beberapa turnamen di luar negeri sebelum kemudian mengikuti pemusatan latihan dan berangkat ke SEA Games.

Baca juga: PB PGI umumkan tujuh pegolf Indonesia untuk SEA Games 2023 Kamboja
 
"Nah kemudian Alhamdulillah kita punya stok atlet yang cukup bagus dan terlatih hasil binaan Pak Po, pengurus yang lama," ucap tokoh organisasi masyarakat Pemuda Pancasila itu.
 
Japto yang sebelumnya memasang target meraih dua medali emas itu, mengaku tidak kecewa dengan capaian para atlet golf Indonesia pada SEA Games 2023. Masalah suhu panas serta berbagai kendala teknis yang sempat menimpa kontingen Indonesia, disadarinya menjadi salah satu faktor mengapa tim golf gagal membawa pulang medali emas.
 
"Soal dapat emas atau apa segala macam itu kan artinya prestasi dan keuntungan yang didapat pada waktu yang tepat. Nah sekarang mereka ini sudah buat yang terbaik, nyaris dapat emas yang ladiesnya, cuma ya nasib garis tangannya belum sampai," ujar Japto.
 
Secara statistik, raihan medali yang didapat cabang olahraga golf pada SEA Games 2023, sama persis dengan prestasi pada SEA Games 2021.

Bedanya, pada SEA Games 2021, kedua medali didapat para pegolf putra. Yakni medali emas melalui tunggal putra Amadeus Christian Susanto, dan medali perunggu didapat oleh tim beregu putra, yang diperkuat Amadeus, Naraajie Emerald Ramadhan Putra, dan Randy Abernata Mohamad Bintang.

Baca juga: Elaine akui kelemahannya ada pada distance dan ingin memperbaikinya

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023