Jakarta (ANTARA) - Pelatih Manchester City Pep Guardiola memuji pemainnya Ilkay Gundogan dalam kemenangan timnya melawan Everton dengan skor 0-3 di Goodison Park, Minggu malam WIB.

Dalam laga lanjutan Liga Inggris musim 2022/2023 itu, Man City menang tiga gol tanpa balas lewat dua gol Gundogan dan satu gol Erling Haaland.

Seusai laga melawan armada Sean Dyche, Guardiola memberikan pujian setinggi langit kepada kapten timnya tersebut karena sang pemain dapat melakukan semua hal dengan apik dimana di posisinya sebagai gelandang, ia mampu melakukan tugas seorang striker yaitu mencetak gol.

“Dia bisa melakukan segalanya dan dia melakukannya dengan baik,” puji Guardiola, dilansir dari laman resmi klub, Minggu.

Tak tanggung-tanggung, di laga melawan Everton, pemainnya yang baru mencatatkan 300 caps bersama klubnya itu memborong dua gol.

Totehan ini menjadi torehan berturut-turut karena di laga pekan sebelumnya melawan Leeds United, pemilik nomor punggung delapan di City itu juga mencetak dua gol dalam kemenangan timnya melawan armada Sam Allardyce dengan skor 2-1.

Guardiola menyebut, rahasia kepiawaian mantan pemain Borussia Dortmund itu dalam urusan menjebol gawang lawan adalah karena sang pemain mempunyai insting gol.

Baca juga: Dua gol Ilkay Gundogan bawa Manchester City menang 2-1 atas Leeds

“Dia orang yang dekat dengan kotak penalti dengan insting mencetak gol yang luar biasa dan bisa melakukannya sebagai gelandang bertahan tanpa masalah,” kata pelatih 52 tahun itu.

Tak hanya mahir mencetak gol, pelatih asal Spanyol itu mengatakan sang pemain juga piawai memainkan perannya sebagai gelandang yang mempunyai skill lengkap, baik dalam hal mengatur serangan, menyalurkan umpan, atau bertahan.

“Dia membuktikannya bertahun-tahun yang lalu ketika Fernandinho cedera dan dia sering bermain di posisi itu,” kata Guardiola.

“Saya ingat melawan Burnley dengan umpan-umpan panjang, sepertinya Anda membutuhkan gelandang bertahan yang fisik, tetapi dia sangat cerdas dan pandai serta menangani tekanan dengan sangat baik,” tambahnya.

Baca juga: Ilkay Gundogan dikaitkan dengan Juventus serta Barcelona

Mantan pelatih Barcelona dan Bayern Muenchen itu juga menyebut Gundogan adalah sosok kapten tim yang sangat baik setelah kepergian Vincent Kompany dan Fernandinho.

"Dia tidak banyak bicara. Tapi ketika dia bicara, semua orang mendengarkan. Ini adalah kekuatan pemimpin,” kata Guardiola.

“Dia menunjukkannya di setiap sesi latihan, datang tepat waktu, menjalani pekerjaannya 24 jam dan bermain seperti dia bermain,” tambahnya.

Adapun, kemenangan melawan Everton menjadikan City semakin tak terkejar di puncak klasemen dengan 85 poin, unggul empat poin dari Arsenal di posisi runner-up.

Klub yang bermarkas di Etihad Stadium itu hanya membutuhkan satu kemenengan untuk menyegel juara Liga Inggris musim ini.

Di laga selanjutnya, Haaland dkk. akan bertemu Chelsea di kandang pada Minggu (21/5) pukul 22.00 WIB.

Baca juga: Bungkam Everton 3-0, Manchester City kukuh di puncak klasemen
Baca juga: Gundogan: Haaland adalah kunci Man City untuk juarai Liga Champions


Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023