Jakarta (ANTARA) - Ganda campuran Adnan Maulana/Nita Violina Marwah membuka keunggulan timnas bulu tangkis Indonesia pada babak penyisihan Grup B Piala Sudirman 2023 di Suzhou, China, Senin.

Adnan/Nita bermain nyaman saat mengatasi wakil Kanada Adam Dong/Josephine Wu dengan kemenangan dua gim langsung 22-20, 21-15, sehingga menciptakan keunggulan 1-0 bagi Indonesia atas Kanada.

"Saya sangat senang dengan hasil ini. Kemenangan pertama di partai pertama itu sangat penting. Semoga di partai-partai selanjutnya pemain-pemain Indonesia juga bisa menang dan menyumbangkan poin," kata Adnan lewat informasi tertulis PP PBSI di Jakarta.

Adnan mengaku tegang pada awal pertandingan, sehingga mempengaruhi permainannya. Apalagi duo Indonesia sempat tertinggal sejak pertengahan gim pertama, sebelum akhirnya memberikan kejutan dengan merebut dua poin beruntun pada gim poin.

Dan berkat dukungan suporter, Adnan bisa mengembalikan fokus dan ketenangannya untuk memenangkan pertandingan partai pertama kontra Kanada.

Baca juga: Latihan perdana Piala Sudirman dimanfaatkan timnas untuk adaptasi

"Saya akhirnya bisa main lebih berani. Tadi memang sempat ragu-ragu dan takut salah, akibatnya lambungan bola tak sesuai yang kami inginkan dan bisa dimatikan lawan," ujar Adnan soal rasa tegangnya.

Sementara itu, Nita tak kalah bahagia karena bisa tampil bagus pada pertandingan debutnya di Piala Sudirman. Tampil pada kejuaraan bergengsi seperti itu membuatnya cukup tegang sehingga mempengaruhi permainannya.

"Karena ini pengalaman pertama, saya tadi juga tegang. Saya agak bingung, apalagi tampil di stadion yang demikian besar. Pelatih hanya memberi instruksi agar saya bisa main lebih yakin dan main se-enjoy mungkin," Nita menceritakan.

Pada gim kedua, permainan Adnan/Nita lebih tertata dan jumlah eror mereka pun berkurang. Lawan yang sudah dalam tekanan serta kemampuan mereka beradaptasi dengan pola yang nyaman, membuat ganda Indonesia semakin unggul.

Nita sebisa mungkin optimistis dan yakin bisa menyelesaikan pertandingan sesuai harapan. Keinginan yang kuat untuk menyumbang poin pertama bagi Skuad Merah Putih mendorongnya lebih fokus bermain bersama Adnan.

"Saya berharap, pemain yang lain juga bisa menang semua. Pemain lain juga bisa mengeluarkan yang terbaik bagi tim," pungkas Nita.

Baca juga: Skuad Garuda maksimalkan persiapan pada latihan kedua Piala Sudirman
Baca juga: Dejan/Gloria perkuat formasi Skuad Indonesia pada Piala Sudirman 2023

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023