Shanghai, (ANTARA/PRNewswire)- Shanghai Electric (SEHK: 2727, SSE:601727) menerbitkan laporan Lingkungan Hidup, Sosial, dan Tata Kelola (ESG) 2022. Publikasi ini merupakan laporan ESG ketujuh sejak Shanghai Electric pertama kali memaparkan praktik ESG pada 2016. Laporan ini mengulas upaya Shanghai Electric dalam memperkuat ekosistem ESG sekaligus menegaskan komitmen untuk membangun jalur menuju aspek keberlanjutan yang lebih baik bagi perusahaan, komunitas di wilayah operasional, serta masyarakat secara keseluruhan. Laporan ini juga mengemukakan rekam jejak Shanghai Electric dalam berekspansi di sektor kelistrikan, khususnya berkaitan dengan target penurunan karbon Tiongkok, serta terobosan dalam perkembangan ESG yang tecermin dari inovasi solusi, praktik pelestarian alam, serta inisiatif pemberdayaan masyarakat.

Pionir yang menggerakkan transformasi ramah lingkungan dan rendah karbon

Sebagai pionir dan pemimpin teknologi di segmen solusi terbarukan yang ikut membantu China dan berbagai negara di seluruh dunia bertransisi menuju sumber energi baru, Shanghai Electric terus menerapkan strategi tiga pilar yang berfokus pada substitusi energi, peningkatan efisiensi, dan daur ulang sumber daya guna menggerakkan pembangunan rendah karbon pada 2022. Lewat langkah ini, Shanghai Electric juga terus memangkas konsumsi energi dan emisi gas rumah kaca. Lebih lagi, Shanghai Electric semakin giat mengurangi dampak lingkungan hidup yang ditimbulkan aktivitas bisnisnya, serta mengandalkan keunggulan teknologi guna meningkatkan keahlian dalam aktivitas produksi yang ramah lingkungan (green manufacturing). 

Dengan konsep multienergi sebagai unsur utama di balik pengembangan bisnis, Shanghai Electric mendirikan anak usaha di sektor energi baru pada 2022. Hal ini menjadi lompatan berikutnya dalam meningkatkan layanan terintegrasi yang menggabungkan pembangkit listrik, jaringan transmisi listrik, beban listrik, dan penyimpanan energi. Unit usaha baru ini juga memperkuat kemampuan Shanghai Electric untuk menawarkan layanan lengkap yang meliputi tenaga bayu, fotovoltaik, penyimpanan energi, energi panas bumi, serta energi hidrogen. Bahkan, Shanghai Electric kian memperkuat posisinya sebagai pemimpin di sektor energi yang selalu membuat inovasi energi baru.

Tahun 2022 juga menjadi momen pendirian Shanghai Hydrogen Shidai Technology Co., Ltd., anak usaha yang mendukung ambisi  Shanghai Electric dalam pengembangan sumber energi hidrogen bersih. Kedua solusi baru yang dikembangkan perusahaan ini—alat produksi alkaline electrolysis water hydrogen dan alat produksi alkaline electrolysis water hydrogen PEM—menawarkan efisiensi elektrolisis yang baik, usia pakai yang awet, biaya operasional yang hemat, densitas arus yang tinggi, konsumsi energi yang rendah, serta kecepatan respons dinamis yang luar biasa. Desain modular dari solusi ini juga memfasilitasi kegiatan produksi hidrogen ramah lingkungan secara terintegrasi dan berskala luas sehingga mencerminkan inovasi unggulan di pasar hidrogen Tiongkok.

Selama periode pembukuan, Shanghai Electric aktif mengoptimalkan strategi manajemen risiko dan merampungkan rencana pelestarian alam selama tiga tahun. Di sisi lain, Shanghai Electric turut menerapkan sejumlah kebijakan dan program yang melindungi keanekaragaman hayati di lokasi proyek, serta bergabung dalam gerakan global untuk mengatasi perubahan iklim. Pada Mei 2022, Shanghai Electric melansir program bertema keanekaragaman hayati untuk melibatkan dan mengedukasi pegawai dan publik tentang sejumlah topik, seperti dekontaminasi limbah industri, teknologi desalinasi, reforestasi, dan respons atas pemanasan global.

Pembuat terobosan energi baru yang memprioritaskan kemajuan sosial

Shanghai Electric memprioritaskan tanggung jawab sosial serta aspek keberlanjutan dan pertumbuhan ekonomi. Shanghai Electric juga giat menjalankan inisiatif yang meningkatkan revitalisasi pedesaan, serta mendanai proyek yang meningkatkan taraf hidup komunitas yang membutuhkan bantuan, serta membuka lapangan pekerjaan di wilayah lokal.

Sebagai bagian dari ESG untuk mempercepat pembangunan desa, Shanghai Electric mengandalkan keahlian teknologi untuk mempromosikan sumber energi bersih, termasuk tenaga bayu dan batu bara bersih. Di Anhui, Pembangkit Listrik Wuhe milik Shanghai Electric telah memproses bahan bakar biomassa sebanyak 400.000 ton untuk menghasilkan hampir 500 juta kWH listrik, serta mengurangi emisi karbondioksida hingga 150.000 ton per tahun. Proyek ini turut meningkatkan pendapatan keluarga di desa setempat hingga hampir RMB 90 juta, serta membuka lapangan pekerjaan bagi lebih dari 1.500 orang.

Shanghai Electric pun terlibat dalam konservasi cagar budaya, layanan komunitas, program kelestarian alam, dan penyaluran donasi di luar negeri. Pada 2022, Shanghai Electric bermitra dengan Green Carbon Foundation untuk menanam pohon di hutan rendah karbon pertama milik perusahaan di Yan'an, Provinsi Shaanxi. Hutan ini terdiri atas 1.200 pohon cypress, dan setiap pohon dapat menurunkan emisi karbon sekitar 96 kg semasa hidupnya.

Perusahaan yang Menjalankan Pembangunan Berkelanjutan

Pada 2022, Shanghai Electric memimpin sejumlah inisiatif yang meningkatkan tata kelola perusahaan, menyelaraskan praktik ESG dengan Panduan Pelaporan Lingkungan Hidup, Sosial, dan Tata Kelola. Tujuannya, mengoptimalkan sistem manajemen ESG perusahaan, serta berkolaborasi dengan pemangku kepentingan guna meningkatkan manfaat dari sisi keberlanjutan. Shanghai Electric pun membuat pencapaian baru ketika peringkat ESG-nya ditingkatkan oleh Morgan Stanley Capital International (MSCI), dari "BBB" menjadi "A", serta tercantum dalam "Top 50 Sustainable Development Industrial Enterprises 2022" versi Forbes China.

Tahun 2022 juga menjadi momen 120 tahun Shanghai Electric, membuka babak baru bagi langkah Shanghai Electric untuk terus mengeksplorasi dan menerapkan model bisnis baru, meningkatkan kualitas tata kelola perusahaan, serta memberdayakan transformasi industri. Lebih lagi, Shanghai Electric akan mengembangkan solusi energi yang semakin mutakhir, pintar, dan ramah lingkungan bagi pengguna global. Dengan prinsip keterbukaan, koordinasi, kerja sama yang saling menguntungkan, Shanghai Electric akan terus memprioritaskan inovasi dalam strategi bisnis, bekerja sama dengan mitra di berbagai sektor guna mendekarbonisasi ekonomi dunia. Dengan demikian, berbagai orang di seluruh dunia memperoleh manfaat dari sumber energi terbarukan.

Informasi lebih lanjut tentang Shanghai Electric dan laporan ESG 2022 tersedia di https://www.shanghai-electric.com/group_en/.

Tentang Shanghai Electric

Shanghai Electric Group Company Limited (SEHK: 02727, SSE: 601727) adalah perusahaan terkemuka di dunia yang memasok solusi smart system bertaraf industri dan ramah lingkungan. Shanghai Electric menjangkau seluruh dunia, dan bergerak dalam segmen smart energy, intelligent manufacturing, serta integrasi digital intelligence. Lebih lagi, Shanghai Electric mengutamakan pembangunan rendah karbon dan transformasi digital dengan merambah bidang baru, serta menggerakkan motor pertumbuhan baru. Shanghai Electric berupaya menjadi pemimpin industri yang mewujudkan emisi karbondioksida puncak sebelum 2030, serta mencapai netralitas karbon sebelum 2060. Shanghai Electric juga menyediakan alat-alat produksi energi baru dan melokalisasi kegiatan produksi peralatan premium. Dengan demikian, Shanghai Electric menciptakan peluang tanpa batas dalam ekosistem industri yang inovatif bersama mitra global.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023