Jakarta (ANTARA) - Timnas bulu tangkis Indonesia masih mempertahankan keunggulan atas Kanada dengan tambahan kemenangan menjadi 3-0 pada penyisihan Grup B Piala Sudirman 2023, lewat kemenangan tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung yang turun pada partai ketiga, Senin.

Gregoria mencetak kemenangan atas Talia Ng dengan dua gim langsung 21-14, 21-13 setelah berjuang dalam 35 menit.

"Puji syukur saya bisa menang dan mempersembahkan angka bagi tim jadi 3-0 atas Kanada. Tadi jujur sempat tegang juga karena ini merupakan pertandingan pertama saya di Piala Sudirman 2023," kata Gregoria lewat informasi resmi PP PBSI di Jakarta.

Dalam debutnya di Piala Sudirman itu, Gregoria mengaku merasa grogi pada awal pertandingan. Beruntung dia bisa menjaga ketenangan karena mengetahui lawan juga merasakan hal yang sama.

"Lawan sebenarnya juga bermain bagus. Cuma karena sama-sama baru pertama kali main dan bertemu, kami sama-sama tegang dan banyak melakukan kesalahan sendiri. Untung saya bisa kembali fokus dan mengurangi kesalahan sendiri," ungkap Gregoria.

Baca juga: Adnan/Nita sumbang poin pembuka bagi Indonesia di Piala Sudirman

Pada gim kedua, atlet asal Wonogiri, Jawa Tengah itu, sempat tertinggal pada paruh awal. Namun saat skor 3-7, Gregoria membalikkan keadaan dengan memetik enam poin beruntun.

Menurut dia, ketenangan dan dukungan dari rekan-rekan timnas Indonesia dari pinggir lapangan membuat semangatnya bangkit. Gregoria tak mau menyia-nyiakan kesempatan tampil di Piala Sudirman dengan performa seadanya.

"Kunci kemenangan saya, yaitu bermain tenang, tidak buru-buru, dan mengurangi kesalahan sendiri saja. Dukungan teman-teman dari pinggir lapangan juga ikut membantu. Saya bisa bermain tambah semangat," ujarnya.

Pada dua partai sebelumnya, Skuad Merah Putih lebih dulu mengunci keunggulan lewat partai ganda campuran dan tunggal putra.

Pasangan Adnan Maulana/Nita Violina Marwah yang tampil pada partai pertama sukses membuka keunggulan setelah mengalahkan Adam Dong/Josephine Wu dengan kemenangan dua gim langsung 22-20, 21-15.

Setelahnya, giliran tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting menggandakan keunggulan menjadi 2-0 atas Kanada, setelah mengalahkan Brian Yang dengan skor 21-17, 21-16.

Baca juga: Ginting gandakan keunggulan Indonesia jadi 2-0 atas Kanada
Baca juga: Skuad Garuda maksimalkan persiapan pada latihan kedua Piala Sudirman

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023