Produk smooth fluid yang merupakan produksi dalam negeri ini terbukti dapat bersaing dengan produk impor
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina Patra Niaga melalui Corporate Sales Regional Jawa Bagian Barat melakukan penyaluran perdana smooth fluid untuk pengeboran Blok Pangkah di laut timur Jawa.

Penyaluran dilakukan melalui distributornya PT Sukses Abadi Petrokimia kepada mud services yang melayani PT PGN Saka yaitu PT China Oilfield Services Limited (COSL) Indonesia.

Region Manager Corporate Sales JBB Pertamina Patra Niaga Arif Rahman dalam keterangannya di Jakarta, Senin mengatakan bertambahnya pengguna produk smooth fluid membuktikan semakin diminatinya Pertamina Smooth Fluid (SF) untuk pengeboran.

Baca juga: Pertamina tingkatkan skill operator SPBU lewat Energy Station Academy

Menurut dia, penyaluran tersebut merupakan bentuk nyata semakin kuatnya kolaborasi antarsubholding di Pertamina, mulai dari diproduksi di Kilang Pertamina Internasional, dipasarkan Pertamina Patra Niaga sampai digunakan di hulu oleh PGN Saka.

"Produk smooth fluid yang merupakan produksi dalam negeri ini terbukti dapat bersaing dengan produk impor. Selain meningkatkan TKDN, smooth fluid memiliki keunggulan dan kualitas yang telah terbukti dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam aplikasi pengeboran. Pertamina saat ini juga telah mengembangkan produk SF-04 produksi Kilang Cilacap dan produk SF-02 produksi Kilang Dumai untuk lebih mendekatkan produk smooth fluid ke pelanggan kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) guna mendukung kegiatan hulu migas di Indonesia," kata Arif.

Penyaluran smooth fluid perdana di Tuban, Jatim, pada 12 Mei 2023 itu dihadiri Perwakilan COSL Indonesia Gatot Prasetyo Ginting, Key Account Special Chemical Faisal Rahman dan Sales Branch Manager Petrochemical I Yosa Ario Sadewo dari Pertamina Patra Niaga, serta Niko Atmaja Direktur Utama dari Sukses Abadi Petrokimia.

Saat ini, pengiriman yang diterima COSL Indonesia di warehouse plant Tuban disalurkan sebanyak 1.580 barel dan masih akan bertambah seiring baru dimulainya pengeboran lepas pantai tersebut.

Area Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan menambahkan smooth fluid merupakan produk hasil inovasi Pertamina dari Research & Technology Innovation (RTI) dan upstream inovation.

Produk tersebut digunakan sebagai base fluid yang merupakan komponen utama lumpur pengeboran berbasis minyak (oil base mud) dan digunakan KKKS dalam melakukan pengeboran minyak atau gas.

"Selain tingkat TKDN yang tinggi yakni 92 persen untuk SF-02 dan 75 persen SF-05, produk memiliki kestabilan dan rheology yang sangat baik dan juga yang terpenting ramah terhadap lingkungan dengan kandungan aromatik dan sulfur yang sangat rendah," kata Eko.

Baca juga: Pertamina setor pajak bahan bakar Rp400 miliar ke Pemprov Jambi

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023