Terima kasih dan apresiasi kita pada BUMN terhadap adanya rekrutmen yang kali ini serentak
Jakarta (ANTARA) -
​​​​Ketua Umum DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Putri Khairunnisa mengapresiasi Kementerian Badan Usaha Milik Negara yang mengadakan Rekrutmen Bersama BUMN Tahun 2023 secara serentak.
 
“Terima kasih dan apresiasi kita pada BUMN terhadap adanya rekrutmen yang kali ini serentak," kata Khairunnisa, sapaan akrab Putri Khairunnisa dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.
 
Menurut dia, rekrutmen yang tidak dilakukan secara individu oleh masing-masing perusahaan BUMN, tetapi secara bersamaan itu dapat memaksimalkan kerja baik perusahaan-perusahaan BUMN.
 
Ia lantas berharap banyak anak muda Indonesia yang dapat memperoleh kesempatan berkarir di BUMN. Menurut dia, dengan berkarir di BUMN, generasi muda dapat lebih berkontribusi untuk Indonesia.
 
Meskipun begitu, Khairunnisa mengingatkan pihak penyelenggara harus memastikan rekrutmen terbuka tersebut bersih dari segala praktik curang, seperti keberadaan joki ataupun praktik jual beli soal ujian tulis.

Baca juga: Kementerian BUMN-FHCI buka lebih dari 2.000 lowongan kerja di RBB 2023
Baca juga: Erick Thohir: Rekrutmen bersama dilakukan demi satukan BUMN sejak dini
 
“Praktik-praktik curang ini harus di tindak tegas, apalagi Menteri BUMN Pak Erick Thohir saat ini mengedepankan atau mengampanyekan nilai-nila seperti dalam slogan ‘AKHLAK’ itu,” ujar dia.
 
Sebelumnya, Ketua Umum FHCI Alexandra Askandar sebagai pihak yang diberi amanah menggelar rekrutmen tersebut oleh Kementerian BUMN telah menyampaikan bahwa mereka tidak akan segan untuk menindaklanjuti segala bentuk praktik kecurangan yang dilakukan peserta ataupun pihak lainnya dalam Rekrutmen Bersama BUMN Tahun 2023 itu.
 
Apabila peserta terbukti melakukan pelanggaran atau praktik kecurangan, kata dia, dapat dipastikan peserta tersebut gugur dan tidak dapat mengikuti rekrutmen pada BUMN grup, bahkan mereka akan masuk blacklist untuk ke depannya.
 
Sejak 11 Mei 2023, melalui situs resmi dan media sosialnya, Kementerian BUMN menginformasikan telah membuka Rekrutmen Bersama BUMN Tahun 2023.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023