Kita rencana ada 13 kapal yang berkunjung ke Sabang tahun ini, tapi yang sudah terjadwal sekitar 11 kapal. Empat kapal sudah bersandar
Banda Aceh (ANTARA) - Kapal pesiar MS Nautica berbendera Marshal Island untuk pertama kali mengunjungi Kota Sabang, Aceh, dengan membawa sebanyak 477 wisatawan mancanegara dan 394 kru kapal.

Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) Junaidi Ali di Kota Sabang, Senin, mengatakan MS Nautica merupakan kapal pesiar keempat yang singgah di pulau paling barat Indonesia itu sejak awal 2023. Harapannya kunjungan ini memberi dampak ekonomi bagi masyarakat.

"Ini kapal keempat yang singgah di Sabang, MS Nautica ini belum pernah singgah di Sabang. Kita rencana ada 13 kapal yang berkunjung ke Sabang tahun ini, tapi yang sudah terjadwal sekitar 11 kapal. Empat kapal sudah bersandar, sisanya lebih banyak nanti di akhir tahun," kata Junaidi.

MS Nautica dinakhodai Kapten Drazen Tijan bergerak dari Phuket Thailand, dan bersandar di Dermaga CT-3 BPKS, sebelum melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Colombo Srilanka.

Kapal yang dibangun pada tahun 2000 itu memiliki layanan bintang 5, dan mampu membawa penumpang dengan kapasitas lebih 600 orang. Kapal ini memiliki bobot 30.277 GT, dengan panjang 180,45 meter, kapal ini dioperasionalkan oleh Norwegian Cruise Line Holdings.

Baca juga: Pemkot Sabang mengembangkan Kota Tua sebagai destinasi wisata baru

Baca juga: KM Nol dan Iboih Sabang jadi objek wisata favorit saat libur lebaran


Saat tiba di Pulau Weh Sabang, para turis asing tersebut disambut tarian tradisional yang disuguhkan oleh Sanggar SD 11 Aneuk Laot. Selain itu, pelaku wisata dan 16 gerai UMKM menjual produk masing-masing.

Junaidi menjelaskan BPKS terus berupaya meningkatkan geliat ekonomi pada sektor pariwisata dan UMKM Kota Sabang dengan kunjungan kapal pesiar.

Untuk itu, BPKS juga telah melakukan rencana kerja sama peningkatan kunjungan kapal pesiar dengan negara-negara ASEAN, melalui Duta Besar India untuk ASEAN, yang saat ini tengah dalam proses pengurusan.

"Harapan kami, seluruh masyarakat dan unsur di Sabang, dapat menerima tamu dengan sambutan yang baik. Agar terbentuk kampanye baik tentang Sabang dan menjadikan Sabang, destinasi yang menyenangkan bagi wisatawan," ujarnya.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Kota Sabang Faisal Azwar mengatakan kunjungan kapal pesiar menjadi satu kesempatan baik bagi masyarakat dan pelaku wisata di Sabang, khususnya yang menjadi rute perjalanan wisatawan.

Sejauh ini, kata dia, semua pihak baik dari BPKS, pemerintah kota hingga pelaku pariwisata terus bersinergi bersama dalam menyukseskan kedatangan kapal pesiar ke pulau ujung barat Indonesia itu.

"Ini menjadi peluang yang sangat bagus bagi pelaku wisata dan UMKM. Kami pemerintah, instansi serta unsur terkait lainnya, telah menyiapkan destinasi wisata dengan sebaik-baiknya untuk melayani wisatawan dari kapal pesiar ini," kata Faisal.

Sebelumnya, Sabang juga telah disinggahi kapal pesiar MS Insignia yang dinakhodai Kapten Maroje Brajcic. Kapal ini berlayar dari Pelabuhan Port Blair, India, dengan membawa 572 penumpang dan 401 kru kapal.

Baca juga: Penginapan di Sabang masih penuh dihuni wisatawan libur Lebaran

Baca juga: Hampir 29 ribu orang wisatawan ke Sabang selama libur Lebaran 2023

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023