Melalui inovasi serta rekayasa pola produksi, Perwira PT KPI RU Dumai berhasil memproduksi 'New High Quality Gasoil' 50 ppm, berupa Pertadex 50 ppm dan 'High Speed Diesel' (HSD) 50 ppm, dengan emisi yang rendah dan telah berstandar internasional Euro
Dumai, Riau, (ANTARA) - PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) Dumai, Provinsi Riau meraih penghargaan kategori GOLD dari Internasional lnvention, Innovation and Technology Exhibition (ITEX) 2023 di Malaysia melalui inovasi dalam hal produksi dan operasi.

Area Manager Communication, Relations, & CSR KPI RU Dumai Agustiawan, Senin, mengatakan penghargaan ini merupakan hasil kreasi dan inovasi yang berpegang pada prinsip Continuous Improvement dan Environmental, Social, and Governance (ESG).

Penghargaan diberikan di Kuala Lumpur Convention Center, Sabtu (13/5).

“Melalui inovasi serta rekayasa pola produksi, Perwira PT KPI RU Dumai berhasil memproduksi 'New High Quality Gasoil' 50 ppm, berupa Pertadex 50 ppm dan 'High Speed Diesel' (HSD) 50 ppm, dengan emisi yang rendah dan telah berstandar internasional Euro 4,” katanya.

Diungkapkannya bahwa inovasi pengembangan produk ini telah diinisiasi sejak 2017. Itu ditandai dengan kajian produksi 50 ppm dan plant trial produksi Gasoil HQ 50 ppm.

“Pengembangan sarfas tangki dan kajian optimasi terus dilakukan semenjak itu, hingga pada 2020 kilang Dumai berhasil memproduksi HSD 50 ppm dan Pertadex 50 ppm di tahun 2021,” kata Agustiawan.

Dampak dari inovasi ini tambahnya adalah terciptanya produk yang ramah lingkungan karena memiliki emisi yang rendah serta bertaraf internasional. Penjualan produk 50 ppm ini juga telah menghasilkan profitabilitas sebesar 85 juta dolarAS hingga Maret 2022.

Manager Production PT KPI RU Dumai, Rudi Hartono, yang ikut mendampingi dalam penerimaan penghargaan tersebut menyampaikan apresiasinya atas capaian yang berhasil diraih.

Dikatakan bahwa inovasi ini secara langsung memiliki dampak yang sangat positif terhadap kinerja operasional dan finansial perusahaan.

“Semoga semakin banyak karya inovasi yang tercipta dari tangan Perwira Pertamina terutama inovasi yang berdampak besar bagi kemajuan perusahaan maupun mendatangkan manfaat bagi masyarakat, negara dan lingkungan hidup,” katanya.

ITEX merupakan pameran sekaligus kompetisi inovasi terbesar dan tertua di Asia, yang telah berjalan sejak 1989 silam. Tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ke-34 kalinya.

Dengan tagline Asia's leading invention, innovation and technology expo" memberikan prediket ITEX sebagai salah satu ajang inovasi terbaik dan bergengsi bukan hanya di Asia, namun juga di tingkat global. Setiap tahunnya ITEX menjadi ajang inovasi favorit bagi ribuan investor di seluruh dunia dan menjadi tolak ukur seberapa hebat sebuah inovasi melalui penghargaan yang diraih di ITEX.

Baca juga: Pertamina Dumai sabet penghargaan internasional di Turki

Baca juga: Presiden: Manfaatkan teknologi demi dorong produksi migas dalam negeri

Baca juga: Sistem pengamanan Pertamina Dumai meraih predikat emas dari Polri

 

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023