Jakarta (ANTARA) - Manajer timnas bulu tangkis Indonesia Armand Darmadji mengatakan bahwa keberhasilan Skuad Merah Putih menyapu bersih kemenangan 5-0 atas Kanada menjadi awal yang baik pada Kejuaraan Piala Sudirman 2023 di Suzhou, China.

"Semoga kemenangan ini menambah semangat, karena tim telah melakukan tugas pertama dengan maksimal. Semua sudah melakukan tugasnya dengan baik. Hasil ini tentu menjadi bekal bagus menghadapi pertandingan berikutnya," ujar Armand lewat pesan tertulis PP PBSI di Jakarta, Selasa.

Pada penyisihan Grup B yang berlangsung Senin, Indonesia memenangkan seluruh partai pertandingan dan juga tak kehilangan satu gim pun saat menghadapi Kanada.

Kemenangan Indonesia dibuka pasangan ganda campuran Adnan Maulana/Nita Violina Marwah yang mengawali laga dengan baik. Mereka menyumbangkan angka pertama bagi Indonesia atas Kanada usai mengatasi Dong Adam/Josephine Wu dengan skor 22-20, 21-15.

Lalu pada partai kedua, Anthony Sinisuka Ginting juga tampil prima. Ia sukses mengatasi Brian Yang dengan 21-17, 21-16 untuk membawa Indonesia unggul 2-0.

Giliran tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung yang turun di partai ketiga juga tidak mau kalah. Dia pun sukses menekuk Talia Ng dengan skor 21-14, 21-13.

"Kunci kemenangan saya, yaitu bermain tenang, tidak buru-buru, dan mengurangi kesalahan sendiri saja. Selain itu, dukungan teman-teman dari pinggir lapangan juga ikut membantu. Saya bisa bermain tambah semangat," tutur Gregoria.

Indonesia mempertebal keunggulan menjadi 4-0 usai pasangan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo juga memetik kemenangan. Pasangan berjulukan Minions itu menang 21-16, 21-18 atas Kevin Lee/Ty Alexander Lindeman.

Akhirnya, ganda putri Ribka Sugiarto/Lanny Tria Mayasari menggenapkan kemenangan Indonesia 5-0 atas Kanada setelah menang dua gim langsung 21-11, 21-8 atas Catherine Choi/Michelle Li.

"Alhamdulillah saya bisa main baik dan membawa Indonesia menang dan sapu bersih dengan 5-0. Secara umum, pertandingan berjalan dengan baik. Apalagi setelah Indonesia unggul 4-0, kami tampil tidak tertalu tegang," jelas Lanny.

Armand kemenangan 5-0 atas Kanada bisa jadi modal timnas untuk menghadapi Jerman pada laga kedua, Selasa.

"Saya hanya mengingatkan kepada pemain jangan sampai over confidence karena masih ada pertandingan berikutnya yang pasti jauh lebih berat," pungkas Armand.


Baca juga: Indonesia bungkam Kanada 5-0 pada penyisihan grup Piala Sudirman 2023
Baca juga: Minions sukses "comeback" dengan kemenangan di partai keempat
Baca juga: Indonesia belum terpatahkan hingga partai ketiga lewat Gregoria

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023