Pemerintah di Mamuju akan mempertahankan angka tersebut dengan terus mendorong inovasi serta intervensi program yang dapat saling terkoneksi
Mamuju, Sulbar (ANTARA) - Pasar murah yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), dinilai efektif dalam menekan angka inflasi di daerah tersebut.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Mamuju Achmad Nasir di Mamuju, Sulbar, Senin mengatakan pasar murah Mamuju maupun bantuan langsung tunai (BLT) yang disalurkan pemerintah di Mamuju efektif dalam menekan inflasi.

Ia mengatakan Mamuju menjadi daerah dengan angka inflasi terendah di Indonesia dengan angka mencapai 2,96 persen secara tahunan atau di bawah inflasi nasional dengan angka 4,33 persen.

Menurut dia, angka inflasi tersebut tidak lepas dari kinerja perangkat daerah di Kabupaten Mamuju lewat berbagai program unggulan yang berdampak langsung maupun tidak langsung terhadap angka inflasi daerah.

"Pada Bulan Suci Ramadhan, harga banyak kebutuhan pokok yang harganya terpantau stabil, berbagai upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah di Mamuju membuat inflasi tetap terkendali," katanya.

Menurut dia, inflasi yang rendah menunjukkan ketersediaan barang tetap terjaga, sehingga harga relatif lebih stabil, dengan begitu masyarakat akan mampu memenuhi kebutuhannya.

Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi mengutarakan rendahnya nilai inflasi merupakan indikasi stabilitas ekonomi masyarakat yang terbilang baik, ditunjang dengan ketersediaan barang dan daya beli yang terjaga.

"Pemerintah di Mamuju akan mempertahankan angka tersebut dengan terus mendorong inovasi serta intervensi program yang dapat saling terkoneksi," katanya.

Ia berharap semua pihak dapat menyusun gagasan ataupun menawarkan ide kreatif dan juga melakukan intervensi bersama dalam menjaga stabilitas angka inflasi di Kabupaten Mamuju.

"Meskipun mempertahankan sesuatu yang baik bukan hal mudah, saya percaya dengan kerja keras dan kekompakan pemerintah dan masyarakat, Mamuju selalu diperhitungkan di tingkat nasional lewat prestasi membanggakan," katanya.

Baca juga: Festival Pulau Karampuang di Sulbar untuk tumbuhkan ekonomi masyarakat
Baca juga: Gubernur: Pembangunan Plaza Karampuang untuk bangkitkan wisata Sulbar

Pewarta: M Faisal Hanapi
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023