Jakarta (ANTARA) - Ajang perlombaan atletik seperti maraton kini kembali banyak digelar pascapandemi, tetapi tingkat kesulitan dan jarak tempuhnya yang terbilang tak main-main, membuat peserta harus menyiapkan diri semaksimal mungkin.

Bagi mereka yang masih pemula, pastikan untuk melakukan latihan secara matang demi mempersiapkan fisik dan stamina terbaik.

Untuk membantu, berikut ini adalah beberapa hal penting yang perlu dilakukan sebelum mulai mengikuti ajang lari maraton seperti tertulis dalam keterangan Maybank Marathon 2023 yang diterima di Jakarta pada Selasa.

Baca juga: Tips lari maraton bagi pemula

Mengenal dan memulai persiapan 

Hal pertama yang perlu dilakukan terlebih dahulu adalah mengetahui lebih jauh segala informasi tentang olahraga lari yang satu ini. Di antaranya, kunci kesuksesan lari maraton yang terletak pada latihan yang konsisten dan bertahap untuk membentuk stamina dan menjaga kebugaran tubuh.

Demi mendukung persiapan Anda, siapkan waktu yang cukup selama beberapa bulan untuk berlatih agar tubuh dapat beradaptasi dengan baik terhadap lari jarak jauh dan dalam jangka waktu yang panjang.

Menyusun jadwal latihan

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Maybank Marathon terdiri atas beberapa kategori, yaitu marathon, half-marathon, 10K, dan children sprint. Pilih jarak yang ingin diikuti dengan memperhatikan batas kemampuan diri.

Bagi pemula, Anda bisa memulai dengan jarak yang tidak terlalu jauh agar dapat menghindari risiko cedera yang lebih tinggi. Setelahnya, tentukan jarak tempuh dasar sesuai kebugaran tubuh dan latihlah secara konsisten.

Yang tak kalah penting, jangan lupa melakukan lari jarak jauh demi membiasakan tubuh dan berlatih interval untuk meningkatkan kecepatan. Terakhir, pastikan Anda tetap memiliki waktu istirahat yang cukup guna mencegah kelelahan tubuh dan mental selama menjalani persiapan.

Baca juga: Dokter beri tips dan persiapan memulai maraton

Jaga pola makan dan cukup minum air

Berlari dalam jarak tempuh yang jauh dan jangka waktu yang panjang tentu membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat. Pastikan Anda selalu mengkonsumsi air sesuai dengan kebutuhan untuk mengganti cairan tubuh yang telah hilang.

Selain itu, atur pola makan secara ideal sehingga makanan yang dikonsumsi sebelum berlari dapat memberikan nutrisi dan energi yang cukup bagi tubuh.

Pelatih Lari Gantarvelocity Agung Mulyawan menjelaskan para peserta harus menyadari pentingnya persiapan yang tepat sebelum mengikuti lari maraton.

"Bagi Anda yang ingin mencapai waktu pribadi terbaik, lakukan latihan yang panjang secara konsisten, sekitar empat hingga lima bulan sebelumnya," kata Agung. 

Agung menambahkan penting juga untuk melengkapi persiapan dengan latihan lain, seperti interval untuk melatih kecepatan atau strength training untuk membangun kekuatan tubuh. Jangan lupa istirahat cukup dan pastikan asupan makanan bernutrisi.

"Jika dilakukan dengan seimbang, semua ini akan menjadi satu kesatuan yang mendukung kondisi tubuh untuk dapat mengikuti lari maraton secara maksimal," kata Agung. 

Baca juga: Pentingnya pilih sepatu yang tepat untuk lari

PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) akan menggelar Maybank Marathon 2023 pada tanggal 27 Agustus 2023 mendatang. Ajang atletik internasional yang selalu dinantikan kehadirannya ini akan kembali diselenggarakan di Bali Safari & Marine Park, Gianyar, Bali. 

Maybank Marathon menghadirkan rute lari yang menantang dengan sentuhan budaya Bali berupa keindahan alam dan keramahan masyarakat sekitar. Pendaftaran Maybank Marathon 2023 telah resmi dibuka pada tanggal 4 April kemarin dan dapat dilakukan melalui situs https://www.maybank.co.id/Maybank-Marathon. 

“Seperti pada penyelenggaraan Maybank Marathon di tahun-tahun sebelumnya, kegiatan Road to Maybank Marathon adalah esensial untuk diikuti peserta lari," ujar Widya Permana, Project Director Maybank Marathon.

Selain mengedepankan unsur kesehatan, kegiatan ini dikatakan Widya akan mendampingi para peserta lari Maybank Marathon agar terus termotivasi untuk melakukan berbagai persiapan diri secara lebih optimal.

"Kami berharap rangkaian kegiatan Road to Maybank Marathon dapat memberi bekal dan insights bagi pelari dalam mempersiapkan diri agar dapat menyelesaikan lomba lari dengan tetap dalam kondisi sehat serta dapat meraih personal best masing-masing peserta Maybank Marathon 2023 di Bali," tutup Widya. 

Baca juga: Perhatikan pemenuhan gizi ini sebelum lari marathon

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023