Untuk pengendalian harga sembako yang baik itu daerah bisa bantu biayai transportasi sembako dari tempat produksi ke pasar
Jambi (ANTARA) - Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya ke Pasar Talang Banjar, Kota Jambi, meminta kepada Pemerintah Daerah (Pemda) untuk membantu membiayai transportasi bahan pangan sampai ke pasar melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

"Untuk pengendalian harga sembako yang baik itu daerah bisa bantu biayai transportasi sembako dari tempat produksi ke pasar," kata Presiden Joko Widodo di Jambi, Selasa.

Ia mengatakan inflasi harus terus dikendalikan untuk memastikan daya beli masyarakat terjaga.

Sementara itu dari tinjauan Presiden ke Pasar Talang Banjar, Kota Jambi terpantau harga sembako stabil cenderung menurun. Presiden mengatakan hanya harga telor yang mengalami kenaikan.

"Telor itu naik sedikit," kata dia.

Presiden meminta kepada Gubernur dan Wali Kota untuk terus memantau harga sembako di pasar guna memastikan keterjangkauan harga.

Berdasarkan pantauan Antara di pasar, harga telor ayam di Pasar Talang Banjar mencapai Rp1.800 per butir atau mengalami kenaikan Rp200 per butir.

Kunjungan kerja Presiden Joko Widodo masih berlanjut di Jambi, Jokowi juga mengunjungi sekolah dan meninjau jalan rusak.

Sementara itu, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi mencatat inflasi gabungan Kota Jambi dan Muaro Bungo pada April 2023 terkendali sebesar 0,15 persen (mtm) yang dipicu oleh penurunan harga bahan pangan yang telah diintervensi oleh Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID).

BPS menyebutkan harga bahan pangan di Jambi stabil, hanya saja masih terdapat kenaikan harga beras di Kota Jambi.

Baca juga: Presiden Jokowi pesan kemeja karya siswa SMK Negeri 4 Kota Jambi
Baca juga: Polda Jambi turunkan 600 personel pengamanan kunker Presiden Jokowi

Pewarta: Tuyani
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023