Jakarta (ANTARA) - Perusahaan manufaktur chip, TSMC, dikabarkan mengalokasikan produksi chip berukuran 3 nanometer (nm) miliknya sebesar 90 persen untuk Apple di 2023.

Chipset itu diperkirakan untuk digunakan pada produk-produk unggulan Apple yaitu iPhone, MacBook, dan iPad yang baru.

Dalam laporan GSM Arena, Senin (15/3), Apple telah memesan chip 3 nm kepada TSMC sejak 2020.

Langkah itu menunjukkan bahwa Apple memang sudah mengambil keputusan untuk jangka panjang.

Laporan tentang Apple yang memesan chip 3nm sudah ada sejak tahun 2020, jadi perusahaan jelas memainkan permainan panjang di sini.

Beberapa produk yang mungkin menggunakan chip ini di antaranya seperti iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max yang disiapkan rilis di akhir 2023.

Baca juga: Samsung bersiap produksi massal chip 3 nanometer pekan depan

Teknologi 3nm ini diyakini memberikan peningkatan efisiensi daya 35 persen dan peningkatan kinerja 15 persen untuk Bionic A17 dibandingkan dengan Bionic A16 4nm yang ada di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Di sisi komputer, MacBook Air 13 inci yang diperbarui dan iMac 24 inci yang baru juga berpotensi menggunakan chip M3 yang dibangun di prose 3nm.

Apabila semua chip tersebut digunakan sesuai rencana, maka besar kemungkinan perusahaan chip lainnya seperti Qualcomm, Samsung, hingga MediaTek harus berkompetisi untuk mendapatkan produksi TSMC yang artinya tersisa 10 persen lagi.

Meski begitu tidak menutup kemungkinan TSMC juga dapat meningkatkan kapasitasnya sehingga bisa memenuhi produksi untuk perusahaan lainnya dengan jumlah yang lebih banyak.

Baca juga: TSMC masih pimpin industri chipset di kuartal pertama 2022

Baca juga: TSMC akan produksi chip 3nm di pabrik Arizona

Baca juga: TSMC siapkan chip berukuran 3 nanometer

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023