Phnom Penh (ANTARA) - Dua atlet bulu tangkis Indonesia Christian Adinata dan Chico Aura Dwi Wardoyo tampil sepenuh tenaga demi merebut titel juara dan medali emas pada laga final bulu tangkis nomor tunggal putra di SEA Games 2023 Kamboja, Selasa.

Christian mengemas kemenangan melalui rubber set dengan skor 21-12, 18-21, dan 21-18 pada partai final yang digelar di Stadion Nasional Morodok Techo, Phnom Penh tersebut.

“Puji Tuhan bisa menjadi juara di sini. Perjuangannya tidak mudah dari awal, tapi akhirnya saya bisa melewati hingga akhir dengan maksimal,” kata Christian saat ditemui usai pemberian medali.

Set pertama berlangsung seru dengan Chico dan Christian saling berebut poin melalui penampilan agresif mereka. Namun, Christian yang tampil lebih tenang dalam menangkis serangan-serangan Chico, mampu merebut set pertama dengan skor 21-12.

Pada set kedua, bisa dibilang pertandingan berlangsung lebih sengit. Christian dengan tenang menerima dan mengembalikan bola-ba keras dari Chico. Di sisi lain, Chico tampil dengan penuh semangat dan mampu menempatkan bola-bola sulit terutama di tipis depan net yang sukar dikembalikan oleh rekan kompatriotnya.

Baca juga: Bulu tangkis tunggal putra pastikan satu medali emas SEA Games 2023

Set kedua ini pun bergulir begitu ketat dan sama kuatnya. Selisih poin antara satu pemain dengan yang lain juga tidak pernah lebih dari dua hingga tiga poin. Akhirnya, taktik Chico mampu mengantarkan memenangkan set kedua dengan skor 21-18.

Pada set pamungkas, kedua pemain saling beradu kemampuan mereka satu sama lain. Chico yang kuat di penempatan bola yang rumit di depan net, sementara Christian memiliki pukulan-pukulan tajam dan enerjik.

Meski sama kuat, pada akhirnya, set ketiga dimenangkan oleh Christian dengan skor 21-18 atas Chico, dan ia meraih medali emas perdananya di SEA Games.

Secara total, bulu tangkis Indonesia telah menyumbangkan empat emas, dua perak, dan tiga perunggu di SEA Games 2023.

Empat emas masing-masing diraih oleh beregu putra, ganda campuran Rehan/Lisa, ganda putri Amalia Cahaya Pratiwi/Febriana Dwipuji Kusuma, tunggal putra Christian Adinata, dan ganda putra Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan/Pramudya Kusumawardana.

Sementara, perak diraih oleh ganda putri Meilysa Trias Puspita Sari/Rachel Allessya Rose dan tunggal putra Chico Aura. Selain itu, perunggu diraih oleh tunggal putri Komang Ayu Cahya Dewi dan Ester Nurumi Tri Wardoyo, serta ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri.

Baca juga: Posisi Chico dan Christian sebagai unggulan untungkan Indonesia
Baca juga: Emas beregu buat Christian tampil percaya diri pada babak 16 besar


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023