Sentani (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI meminta pemerintah daerah(Pemda) memperkuat promosi wisata  desa wisata di Kabupaten Jayapura, Papua melalui platform digital.

“Kampung Yoboi, Kabupaten Jayapura, Papua pada 2021 masuk 50 desa wisata terbaik di Apresiasi Desa Wisata Se-Indonesia untuk itu perlu promosi secara  digital,” kata Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf RI, Dwi Marhen Yono di Sentani, Selasa.

Dia mengatakan sesuai instruksi Menteri Parekraf RI bahwa paket wisata Yoboi dijual dengan platform digital pada tingkat nasional.

“Promosi dalam sebuah usaha wisata sangat penting di era teknologi,  kita juga harus melakukan pembaharuan metode promosi ke masyarakat luas,” ujarnya.

Menurut Dwi Marhen, Kampung Yoboi ini akan dinaik kelaskan dalam artian bentuk promosi yang sebelumnya manual akan dibuat dalam bentuk digital agar lebih dikenal dan lebih luas jangkauannya.

“Kami meminta Pemerintah Kabupaten Jayapura dan Pemerintah Provinsi Papua untuk memperhatikan Yoboi untuk kita naik kelaskan bersama-sama,” katanya.

Dia menambahkan selain menjadi kampung wisata nantinya Yoboi dapat  menjadi kampung ikan,  untuk itu  instansi terkait agar dapat mengambil peran pada bagian ini.

“Dinas Perikanan Kabupaten Jayapura dan tingkat Provinsi dapat memberi bantuan berupa ikan dan jaring agar masyarakat di Yoboi ini semakin diberdayakan baik dari sisi wisata maupun perikanannya,” ujarnya lagi.

Baca juga: Menteri Sandiaga Uno kunjungi Kampung Yoboi yang masuk daftar ADWI
Baca juga: Menparekraf minta tingkatkan SDM desa wisata
Baca juga: Waka MPR: Pertumbuhan desa wisata bangkitkan pariwisata nasional
​​​​​​​
Baca juga: Desa wisata berdampak pada peningkatan ekonomi dan lapangan kerja


Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023