Jakarta (ANTARA) - Asisten pelatih Arema FC I Putu Gede Swi Santoso mengatakan regulasi baru soal pemain asing dan U23 yang diterapkan pada kompetisi Liga 1 Indonesia 2023/24 akan memacu persaingan antar pemain.

Dikutip dari laman resmi Liga Indonesia, Selasa, Putu Gede menyambut baik perubahan regulasi tersebut akan membuat pemain lokal untuk menunjukkan performa terbaiknya musim depan.

Putu Gede menjelaskan jika pemain lokal tidak menunjukkan kualitas permainan terbaiknya maka kemungkinan besar posisi mereka di starting XI tim akan tergusur dengan kehadiran pemain asing.

"Memang memotivasi juga pemain lokal karena bersaing dengan pemain asing. Itu mungkin ide untuk meningkatkan kualitas pemain lokal, itu positifnya," ungkap Putu Gede.

Baca juga: Arema FC datangkan sejumlah pemain asing baru lengkapi komposisi

Selain itu, Putu Gede menilai perubahan regulasi pemain asing musim depan juga akan meningkatkan persaingan antar tim dan kualitas kompetisi Liga 1 2023/24.

Mantan pelatih PSMS Medan itu menambahkan, peningkatan kualitas kompetisi dirasa akan memberi banyak manfaat positif dari sisi kehadiran penonton di stadion serta mendatangkan sponsor.

"Persaingan semakin kuat karena semua tim kekuatannya di pemain asing. Kompetitif banget itu yang saya lihat," jelas Putu Gede.

"Mungkin dengan begitu, mendatangkan pemain berkualitas di setiap pertandingan akan mendatangkan penonton dan mendatangkan sponsor," pungkasnya.

Sejauh ini dikabarkan Arema FC sudah sepakat dengan beberapa pemain asing baru setelah melakukan perombakan besar-besaran pada skuad musim lalu.

Baca juga: Manajemen Arema FC penuhi permintaan pelatih soal komposisi pemain
Baca juga: Arema FC perkenalkan enam pemain baru

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023