Phnom Penh (ANTARA) - Atlet esports Indonesia Alan “Satar” Raynold Kumaseh mengoleksi dua medali untuk nomor gim tim (emas) dan individual (perak) PUBG Mobile pada SEA Games 2023 Kamboja.

Berdasarkan keterangan resmi PUBG Mobile Indonesia, Selasa, ini merupakan capaian berurut dari Alan yang sebelumnya juga meraih medali perak di nomor individual pada SEA Games 2021 Vietnam.

Individual Event merupakan satu dari dua nomor pertandingan yang diikutsertakan dalam cabang olahraga esports PUBG Mobile di SEA Games 2023. Nomor pertandingan ini diikuti oleh total 60 orang atlet dari 10 negara Asia Tenggara.

Pada nomor pertandingan tersebut, tim nasional Indonesia mengirimkan enam orang perwakilan yaitu Alan Raynold “Satar” Kumaseh, Muhammad “Boycil” Afriza, Juventino Ryan “Rosemary” Jeremy Rolos, Eksarahman “RedFace” Jayanto, Joshua “Joshua” Sepro, dan Leon “LeonDZ” Dzuliansyah. Keenam atlet muda tersebut dididik di bawah asuhan kepala pelatih Robby “NaTic” Mahardika Saputra, Ferdian “Nougat” Sahputra, Ignatius “Bimz” Bima Pratama Putra.

Baca juga: Indonesia keluar sebagai juara umum esports di SEA Games 2023
Baca juga: Dua emas PUBG Mobile di SEA Games perkuat posisi Indonesia di ASEAN


Berlangsung sengit pada akhir pekan lalu, kompetisi berakhir dengan SkyNin sebagai pemegang medali emas. Atlet tuan rumah tersebut berhasil mengumpulkan total 84 poin, selisih satu poin saja dengan perwakilan Indonesia, Alan “Satar”, yang membawa pulang medali perak dengan perolehan total 83 poin. Sementara itu, Parajin asal Vietnam dan Barode asal Filipina turut berbagi medali perunggu setelah mencatatkan poin yang sama yaitu 81 poin.

Medali perak yang didapatkan Alan tersebut sekaligus menambah pundi-pundi medali yang disumbangkan PUBG Mobile untuk Indonesia pada perhelatan SEA Games, yaitu dua medali emas dan dua medali perak, sejak PUBG Mobile ditunjuk sebagai cabang olahraga esports resmi untuk pertama kalinya di Vietnam.

“Ini adalah medali emas kedua dan medali perak kedua yang disumbangkan oleh PUBG Mobile untuk Indonesia, yang menjadi bukti nyata dedikasi, semangat, dan talenta komunitas PUBG Monile Indonesia untuk mengharumkan nama bangsa di mata Asia Tenggara,” kata Country Manager PUBG MOBILE Indonesia, Agung Chaniago.

Perolehan dua medali di SEA Games 2023 ini pun, lanjut dia, semakin mengukuhkan posisi Indonesia sebagai negara dengan tim PUBG Mobile terkuat di Asia Tenggara saat ini.

Pada 16 April 2023 lalu, tim asal Indonesia yaitu Alter Ego Ares berhasil memenangkan ajang resmi 2023 PUBG Mobile Super League Southeast Asia Spring (2023 PMSL SEA Spring), yang juga mempertemukan 20 tim PUBG Mobile terbaik dari Asia Tenggara di Kuala Lumpur, Malaysia.

Selanjutnya, Indonesia akan kembali berjuang di 2023 PUBG Mobile World Invitational (2023 PMWI) yang akan dilangsungkan pada 11-16 Juli di Riyadh, Arab Saudi.

Baca juga: Timnas PUBG Mobile raih medali emas di SEA Games 2023

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023