"Perkara Tubuh" mengungkapkan tentang ketidaknyamanan dan ketidakberdayaan Hindia menyikapi tubuhnya sendiri.
Jakarta (ANTARA) - Penyanyi Baskara Putra atau yang dikenal dengan nama panggungnya Hindia kembali menghadirkan single baru berjudul "Perkara Tubuh" yang mengungkapkan rasa tidak percaya diri pada tubuhnya sendiri.

"Memiliki kepercayaan diri adalah hal yang sangat sulit, dan saya memiliki rasa hormat yang tinggi untuk mereka yang bisa nyaman dengan tubuh masing-masing," kata Hindia melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu.

"Perkara Tubuh", yang akan dirilis pada Kamis (18/5), mengungkapkan tentang ketidaknyamanan dan ketidakberdayaan Hindia menyikapi tubuhnya sendiri.

Dia merasa sulit untuk mengakui bahwa ketidakpercayaan diri itu ada pada dirinya. Menurut Hindia, dia menjadi makin mawas diri terkait hal tersebut setelah menulis lirik lagunya.

Baca juga: Hindia ungkap kerisauan masalah makro di single "Masalah Masa Depan"

"Perkara Tubuh" merupakan persembahan ketiga dari album penuh kedua Hindia yang berjudul "Lagipula Hidup akan Berakhir". Album itu akan dirilis dalam dua bagian pada 7 dan 21 Juli 2023.

Sebelumnya, penyanyi asal Jakarta itu telah mengeluarkan dua single lain yaitu "Janji Palsu" dan "Masalah Masa Depan" yang masing-masing diluncurkan pada 3 Maret dan 5 April lalu.

Berbeda dengan dua single sebelumnya yang diproduseri oleh Enrico Octaviano, kali ini Hindia bekerja sama dengan Kareem Soenharjo atau dikenal dengan nama panggung BAP. dan BAPAK untuk single "Perkara Tubuh". Kareem juga termasuk dalam produser utama lainnya di album "Lagipula Hidup akan Berakhir".

Proses pengerjaan "Perkara Tubuh" juga berbeda dibanding dua single terdahulu. Single ketiga itu diciptakan dengan memilih materi musik yang sudah ada dalam arsip Kareem yang dinilai cocok dengan topik yang ingin diangkat.

"Instrumentasi dan format lagu ini selesai jauh lebih dulu dibanding lirik dan temanya," ujar Hindia.

Baca juga: Hindia berkutat dengan keputusasaan & kefanaan di single "Janji Palsu"

Untuk mendapatkan sudut pandang dengan topik yang spesifik, Hindia membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu lebih dari satu tahun dari pertama kali musik lagunya selesai lebih dulu.

Lagu itu hadir dengan beat minimalis yang diolah Kareem, mendukung ungkapan kegelisahan yang dirasakan oleh tubuh Hindia sendiri melalui lirik yang ditulisnya.

Bagi Hindia, "Perkara Tubuh" menjadi salah satu lagu yang dengan jelas memperlihatkan perbedaan album pertama dan album kedua dari sudut pandang menanggapi sebuah perasaan.

Single "Perkara Tubuh", yang diedarkan oleh Sun Eater, dapat dinikmati oleh pendengar di berbagai platform musik digital mulai 18 Mei 2023. Video klipnya juga akan tayang pada hari yang sama di kanal YouTube Hindia.

Baca juga: Caldera dan Bilal Indrajaya kolaborasi pada lagu "Semestinya"

Baca juga: Pamungkas lanjutkan tur Birdy South East Asia di Indonesia

Baca juga: Kunto Aji buat "Pilu Membiru" penonton Pasar Musik Festival 2023

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023