Jakarta (ANTARA News) - Satu penelitian di Australia melaporkan bahwa  main video game bisa jadi lebih baik daripada menonton televisi.

Penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari Queensland University of Technology ini, menemukan bahwa anak yang menghabiskan waktu dengan bermain video game akan mengalami peningkatan daya kognitif yang lebih baik daripada anak yang menghabiskan waktu dengan menonton televisi.

Data dari penelitian itu berasal dari Longitudinal Study of Australian Children.

Para ilmuwan menemukan bahwa anak usia dua hingga lima tahun menghabiskan sekitar dua atau tiga jam sehari menonton televisi dan tiga puluh menit untuk bermain video game atau komputer.

Salah satu ilmuwan dari penelitian itu, Dr Daniel Johnson dari Queensland University of Technology, mengatakan bahwa menonton televisi adalah kegiatan pasif.

Sementara itu, bermain video game adalah kegiatan yang lebih interaktif. Kegiatan interaktif sangat baik untuk anak, karena dapat meningkatkan rasa percaya diri, kemampuan kognitif, dan aktivitas sosial.

"Ada banyak pemberitaan negatif tentang video game, namun penelitian menunjukkan dampak negatif video game hanya terlihat pada segelintir orang," kata Johnson sebagaimana dilaporkan MedicalDaily.

Baru-baru ini satu laporan menyatakan bahwa video game aktif dapat meningkatkan aktivitas fisik pada anak-anak perkotaan, sehingga permainan ini dapat membantu menjaga bobot tubuh mereka.

"Penelitian berkesinambungan telah menunjukkan bahwa video game aktif seperti Nintendo Wii, Sony PlayStation Move, serta XBOX Kinect, dapat digunakan untuk memotivasi anak-anak untuk berolah raga dan lebih aktif di ruang terbuka daripada saat bermain game," tambah Johnson.

Ilmuwan dari Queensland University of Technology, Dr Penny Sweetser, mengatakan bahwa permainan video game dan menonton televisi bukanlah dua kegiatan serupa.Dua kegiatan untuk anak ini perlu terbagi menjadi dua kategori yaitu aktif dan pasif.

Namun yang harus diingat, tidak semua video game pantas dimainkan oleh anak-anak. Orang tua harus memastikan anak-anak bermain video game dengan tidak berlebihan, kata Sweetser.

Menurut perkiraan pada ilmuwan, anak-anak di Amerika menghabiskan waktu 4,5 jam untuk menonton televisi dan lebih dari satu jam untuk bermain video games.

(M048)

Penerjemah: Aditia Maruli Radja
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013