Phnom Penh (ANTARA) - Raja Sapta Oktohari memastikan diri maju kembali menjadi calon Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) periode 2023-2027 pada Kongres Pemilihan Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum serta Komite Eksekutif di Jakarta pada 30 Juni.

"Setelah mempertimbangkan banyak hal, saya memastikan akan kembali maju menjadi Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia," kata Ketua KOI periode 2019-2023 Raja Sapta Oktohari di Phnom Penh Kamboja, Rabu.

Pernyataan pria yang akrab dipanggil Okto ini disampaikan di hadapan puluhan perwakilan pengurus cabang olahraga yang menjadi anggota KOI atau yang bisa disebut dengan pemilik suara pada kongres mendatang.

Sejumlah pengurus cabang olahraga anggota KOI sejak 5-17 Mei mengawal atletnya berlaga di SEA Games 2023. Namun ada beberapa cabang olahraga yang tidak dipertandingkan seperti squash, panahan, dayung hingga menembak.

"Meski cabang olahraganya tidak dipertandingkan di SEA Games, sejumlah pengurus tetap datang ke Kamboja untuk melihat dan mendukung tim Indonesia," kata Okto menambahkan.

Meski dipastikan maju kembali menjadi calon Ketua Umum KOI periode 2023-2027, Okto belum menjelaskan secara detail jumlah pemilik suara yang bakal memberikan dukungan.

Berkaca pada Kongres Pemilihan Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum serta Komite Eksekutif sebelumnya, mantan Ketua Umum PB ISSI sukses menjadi Ketua Umum KOI dengan aklamasi setelah hanya satu calon saja yang mendaftar.

Menjadi seorang ketua, tantangan besar sudah menunggu yang diantaranya bahu-membahu dengan pengurus cabang olahraga meloloskan banyak atlet ke Olimpiade. Selain itu mensukseskan sejumlah agenda internasional seperti World Beach Games 2023 di Bali hingga Asian Games di Hangzhou China.


Baca juga: Indonesia bakal laporkan insiden sepak bola SEA Games ke FIFA
Baca juga: KOI sampaikan terima kasih pada presiden atas sukses di SEA Games 2023
Baca juga: KOI sampaikan terima kasih pada presiden atas sukses di SEA Games 2023

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023