Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan penambang asteroid, Planetary Resources, memamerkan teleskop Arkyd-100 seberat 11 kilogram yang memungkinkan pesawat ruang angksa menjelajah sistem tata surya.

"Kami melukiskan pengalaman kami dari penjelajahan luar angkasa tradisional yang didanai swasta dan mengombinasikannya dengan perkembangan teknologi eksponensial beberapa tahun terakhir dan hal itu akan datang dalam waktu dekat ini," kata Presiden dan Kepala Penambang Asteroid, Chris Lewicki, dalam situs resmi perusahaan asal AS itu.

Chris menjelaskan lensa Arkyd-100 bukan hanya mampu menangkap gambar dengan beragam gelombang dan intensitas cahaya, tapi juga menggunakannya sebagai komunikasi laser.

"Inovasi itu memperluas pilihan kami selain perangkat besar untuk jaringan komunikasi luar angkasa yang jauh seperti yang digunakan saat ini. Pesawat luar angkasa kami yang berukuran kecil, ringan, dan tenaga kecil tidak mampu mengakomodasi teknologi komunikasi luar angkasa sebesar itu," kata Chris.

Planetary Resources, menurut Chirs, juga mengembangkan Arkyd-100 untuk Lembaga Antariksa AS, NASA, karena ukuran teleskop itu sesuai penggunaan komersial.

"Di fasilitas produksi, kami membangun sejumlah prototipe tambahan. Pada masing-masing prototipe itu kami belajar banyak tentang menekan biaya proses perakitan, penggabungan, dan uji coba karena itu menjadi berharga ketika kami mulai produksi masal," kata Chris.

Planetary Resources merancang dan memproduksi sendiri peralatan luar angkasa mereka, termasuk teleskop Arkyd-100 agar mendorong inovasi, kontrol kehandalan, dan menekan biaya produksi.

(I026)

Penerjemah: Imam Santoso
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013