Percepatan waktu perjalanan KA ini sebagai bentuk peningkatan layanan kepada pelanggan.
Garut (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) memberlakukan perubahan jadwal perjalanan kereta api (KA) menjadi lebih cepat dari sebelumnya untuk relasi kereta lokal maupun jarak jauh di seluruh stasiun wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat, yang berlaku mulai 1 Juni 2023 dalam rangka meningkatkan pelayanan.

"Percepatan waktu perjalanan KA ini sebagai bentuk peningkatan layanan kepada pelanggan," kata Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung Mahendro Trang Bawono melalui siaran pers di Garut, Kamis.

Ia menuturkan PT KAI mulai 1 Juni 2023 memberlakukan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023 menggantikan Gapeka 2021 yang akan menyebabkan percepatan waktu tempuh perjalanan KA karena pengaruh pembangunan prasarana jalur KA.

Baca juga: Stasiun Gambir terapkan teknologi pindai wajah saat pemeriksaan tiket

Peningkatan prasarana oleh KAI dan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan seperti keberadaan jalur ganda pada lintas Gedebage-Haurpugur, kata dia, berdampak peningkatan kecepatan di berbagai lintas hingga 110 kilometer per jam serta perubahan sistem persinyalan.

Waktu perjalanan yang lebih cepat itu, kata dia, bagian dari upaya meningkatkan pelayanan kepada pelanggan sekaligus mendorong mobilitas masyarakat dalam menggunakan jasa transportasi massal KA.

"Percepatan waktu perjalanan KA ini sebagai bentuk peningkatan layanan kepada pelanggan dengan waktu perjalanan yang lebih cepat maka akan semakin meningkatkan mobilitas masyarakat melalui transportasi KA," kata Mahendro.

Ia menjelaskan grafik perjalanan kereta api merupakan pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta yang digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan kereta api yang tentunya berpengaruh pada efisiensi waktu perjalanan KA dan menyebabkan perubahan jadwal keberangkatan dan pemberhentian di wilayah Daop 2 Bandung.

Perubahan itu, kata dia, harus menjadi perhatian pelanggan saat memesan maupun membeli tiket KA untuk memastikan kembali jadwal perjalanan KA.

"Dengan perubahan jadwal keberangkatan KA sesuai Gapeka 2023, kami mengimbau para pelanggan agar memperhatikan dan memastikan kembali jadwal perjalanan KA pada saat akan melakukan pemesanan maupun pembelian tiket," katanya.

Baca juga: Dua KA baru layani penumpang di Daop 5 Purwokerto mulai 1 Juni

Berikut jadwal KA jarak jauh keberangkatan Stasiun Garut-KA Cikuray relasi Garut–Pasar Senen sebelumnya jadwal keberangkatan pukul 07.05 WIB menjadi pukul 06.30 WIB. Selanjutnya KA Lokal Cibatu relasi Garut–Purwakarta sebelumnya jadwal keberangkatan pukul 10.55 WIB menjadi pukul 10.45 WIB.

KA Lodaya relasi Solo Balapan-Bandung sebelumnya tidak berhenti di Stasiun Cibatu menjadi berhenti dengan jadwal keberangkatan pukul 14.04 WIB. KA Lodaya relasi Bandung–Solo Balapan sebelumnya tidak berhenti di Stasiun Cibatu menjadi berhenti dengan jadwal keberangkatan pukul 20.18 WIB.

KA Pasundan relasi Surabaya Gubeng-Kiaracondong sebelumnya jadwal keberangkatan dari Stasiun Cibatu pukul 18.05 WIB menjadi pukul 18.01 WIB. KA Pasundan relasi Kiaracondong-Surabaya Gubeng sebelumnya jadwal keberangkatan dari Stasiun Cibatu pukul 11.20 WIB menjadi pukul 11.32 WIB.

KA Serayu relasi Purwokerto–Pasar Senen yang sebelumnya jadwal keberangkatan dari Stasiun Cibatu pukul 12.16 WIB menjadi pukul 11.34 WIB. KA Serayu relasi Pasar Senen-Purwokerto yang sebelumnya jadwal keberangkatan dari Stasiun Cibatu pukul 14.56 WIB menjadi pukul 14.32 WIB.

KA Serayu relasi Purwokerto–Pasar Senen yang sebelumnya jadwal keberangkatan dari Stasiun Cibatu pukul 22.09 WIB menjadi pukul 22.46 WIB. KA Serayu relasi Pasar Senen-Purwokerto yang sebelumnya jadwal keberangkatan dari Stasiun Cibatu pukul 01.33 WIB menjadi pukul 01.05 WIB.

Baca juga: KAI Cirebon sediakan tiket kereta api murah untuk berbagai tujuan

KA Malabar relasi Malang-Bandung sebelumnya tidak berhenti di Stasiun Leles menjadi berhenti dengan jadwal keberangkatan pukul 05.01 WIB. KA Malabar relasi Bandung-Malang yang sebelumnya jadwal keberangkatan dari Stasiun Leles pukul 18.31 WIB menjadi pukul 18.27 WIB.

KA Kahuripan relasi Blitar-Kiaracondong sebelumnya tidak berhenti di Stasiun Leles menjadi berhenti dengan jadwal keberangkatan pukul 04.42 WIB. KA Kahuripan relasi Kiaracondong-Blitar sebelumnya tidak berhenti di Stasiun Leles menjadi berhenti dengan jadwal keberangkatan pukul 23.10 WIB.

KA Pasundan relasi Surabaya Gubeng-Kiaracondong yang sebelumnya jadwal keberangkatan dari Stasiun Leles pukul 18.29 WIB menjadi pukul 18.25 WIB. KA Pasundan relasi Kiaracondong-Surabaya Gubeng yang sebelumnya jadwal keberangkatan dari Stasiun Leles pukul 11.03 WIB menjadi pukul 11.10 WIB.

KA Serayu relasi Purwokerto–Pasar Senen yang sebelumnya jadwal keberangkatan dari Stasiun Leles pukul 12.35 WIB menjadi pukul 11.51 WIB. KA Serayu relasi Pasar Senen-Purwokerto yang sebelumnya jadwal keberangkatan dari Stasiun Leles pukul 14.32 WIB menjadi pukul 14.20 WIB.

KA Serayu relasi Purwokerto–Pasar Senen yang sebelumnya jadwal keberangkatan dari Stasiun Cibatu pukul 22.26 WIB menjadi pukul 23.17 WIB. KA Serayu relasi Pasar Senen-Purwokerto yang sebelumnya jadwal keberangkatan dari Stasiun Leles pukul 01.15 WIB menjadi pukul 00.47 WIB.

 

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023