Jakarta (ANTARA) - PT Mandiri Sekuritas resmi mengangkat Hoesen sebagai Komisaris Utama dan Komisaris Independen perusahaan yang baru menggantikan Mirza Adityaswara yang diangkat menjadi Wakil Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2022.

Pengangkatan Hoesen sebagai Komisaris Utama dan Komisaris Independen perusahaan telah disetujui oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tanggal 17 Februari 2023 dan oleh Keputusan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Sirkuler pada tanggal 16 Mei 2023.

"Saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Bank Mandiri selaku pemegang saham untuk menjadi Komisaris Utama dan Independen di Mandiri Sekuritas," kata Hoesen dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat.

Untuk itu, ia bersama Dewan Komisaris berkomitmen tinggi untuk menjalankan fungsi pengawasan dan pendampingan dalam meningkatkan bisnis Mandiri Sekuritas di industri pasar modal Indonesia dan regional Asia, serta mengembangkan daya saing di tengah dinamika pertumbuhan yang semakin tinggi dengan berlandaskan tata kelola perusahaan yang baik dan berkelanjutan.

Dewan Komisaris senantiasa hadir dalam melaksanakan pengawasan dan evaluasi terhadap kinerja perusahaan, serta memberikan saran tentang pertumbuhan, termasuk peluang dan tantangan, tata kelola, pengendalian internal, pengelolaan risiko, kepatuhan, pengelolaan sumber daya manusia, dan sistem teknologi informasi.

Per kuartal I 2023, Mandiri Sekuritas terus mempertahankan dominasinya di pasar modal Indonesia dengan menduduki posisi pertama untuk penjaminan ekuitas dengan pangsa pasar 15,3 persen, posisi pertama untuk penjaminan obligasi global dengan 20 persen pangsa pasar, dan posisi kedua dalam hal penjaminan obligasi rupiah dengan 12 persen pangsa pasar.

Lebih lanjut, pada triwulan pertama tahun ini, Mandiri Sekuritas juga telah berhasil menyelesaikan beberapa transaksi strategis, termasuk enam penjaminan ekuitas dan transaksi terkait, 10 penjaminan obligasi rupiah dan transaksi terkait, empat penjaminan obligasi global, dan enam laporan.

Hoesen memiliki pengalaman selama 30 tahun di industri keuangan Indonesia dan sebelumnya menjabat sebagai Kepala Eksekutif Pasar Modal merangkap Anggota Dewan Komisioner OJK.

Selain itu, sederet pengalaman Hoesen antara lain sebagai Komisaris PT Danareksa Capital, Komisaris PT Danareksa Investment Management, Direktur PT Danareksa (Persero), Direktur Penilaian Perusahaan PT Bursa Efek Indonesia, dan Direktur Utama PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI).


Baca juga: Mandiri Sekuritas catat pendapatan usaha tumbuh 32 persen sepanjang 2022
Baca juga: BEI pastikan 22 sekuritas di Solo Raya terdaftar Indonesia SIPF
Baca juga: Mandiri Sekuritas perkirakan IHSG capai 7.510 pada akhir tahun 2023

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023