Jakarta (ANTARA) -
Saat ini, cuaca di Jakarta yang terkadang cuaca panas terik namun tak lama turun hujan deras membuat udara lembab. Dengan cuaca seperti ini, mobil jadi rentan terhadap kotoran dan apabila jarang dibersihkan, khususnya pada bagian eksteriornya.
 
Maka dari itu, pemilik mobil harus melakukan perawatan ekstra agar penampilan mobil kesayangannya selalu terjaga dan tetap nyaman.
 
Shopee berbagi tips cara mudah merawat mobil di cuaca tidak bersahabat ini sebagai berikut, seperti tertulis dalam siaran pers diterima di Jakarta pada Jumat.
1. Rawat dan bersihkan eksterior mobil agar tetap mengkilap
 
Terpaan sinar matahari yang mengandung sinar ultraviolet dan air hujan yang mengandung zat asam dapat merusak cat mobil, apalagi jika terpaannya datang silih berganti.
 
Rutinlah mencuci mobil untuk menjaga keindahan cat mobil. Pastikan untuk menggunakan spons atau kain microfiber yang lembut agar tidak merusak cat mobil. Hindari menggunakan sikat kasar atau sabun yang mengandung bahan kimia keras.
 
Selain itu gunakan wax mobil pada bagian berbahan metal dan siapkan penutup mobil atau pelindung kaca mobil.
 
2. Jaga kebersihan interior mobil

Penting menjaga kebersihan interior mobil demi menambah kenyamanan saat hendak berkendara dan menjaga kesehatan dari pengemudi yang memakainya.
 
Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka lakukan pemeriksaan terhadap beberapa bagian interior mobil mulai dari permukaan dashboard, AC, hingga jok dan karpetnya. Gunakan penyedot debu portabel dan letakkan wewangian yang disukai.
 
3. Service dan periksa mobil secara berkala

Servis berkala adalah salah satu langkah untuk menjaga performa mobil. Selain memahami bagaimana cara mengoperasikan, pemilik mobil juga harus paham langkah-langkah perawatan yang dibutuhkan kendaraan. Servis berkala mobil meliputi berbagai komponen, termasuk mesin, oli, rem, busi, ban, lampu, dan banyak lagi.
 
4. Pastikan keamanan mobil dengan perangkat dashcam

Di era digital saat ini peran dashboard camera atau dashcam pada kendaraan pribadi menjadi penting. Bukan hanya berfungsi sebagai aksesoris di mobil tetapi fungsi utamanya mirip dengan CCTV sebagai fitur keamanan untuk merekam segala aktivitas dan kejadian saat kita berkendara.
 
Dengan dashcam ini, pemilik kendaraan bisa menjadikan rekaman sebagai alat bukti jika terjadi sesuatu di jalan raya. Hasil rekaman akan disimpan dalam kartu memori sesuai kapasitasnya.

Baca juga: Tips aman parkir pararel

Baca juga: Cara mengatasi oli rembes tanpa harus bongkar mesin

Baca juga: Penyebab oli rembes pada mobil
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023