Kita masih ada beberapa high season sampai akhir tahun. Kita bisa manfaatkan bersama
Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo optimistis mencapai target sebanyak 1,4 miliar pergerakan wisatawan Nusantara (wisnus) pada 2023.

Pada tahun ini, pemerintah menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sebanyak 8,5 juta dan pergerakan wisatawan Nusantara mencapai 1,2-1,4 miliar.

"Untuk pergerakan wisatawan Nusantara, kami cukup optimis karena kami sempat diskusi dengan Pak Menhub (Budi Karya Sumadi), ternyata, tahun ini merupakan pergerakan mudik paling tertinggi dalam sejarah. Ini indikasi yang positif bahwa ada demand untuk masyarakat Indonesia berwisata di seluruh Indonesia," katanya dalam pembukaan #DiIndonesiaAja Travel Fair 2023 (#DIATF 2023) di Jakarta, Jumat.

Menurut Angela, tingginya minat masyarakat Indonesia untuk bepergian merupakan peluang yang harus dimanfaatkan.

"Semoga dengan travel fair ini, kita bisa ambil peluang tersebut. Kita masih ada beberapa high season sampai akhir tahun. Kita bisa manfaatkan bersama," ujarnya.

Wamen menambahkan pemerintah pun optimistis target kunjungan wisman pada 2023 sebanyak 8,5 juta kunjungan akan tercapai.

Menurut Angela, sepanjang triwulan I 2023, kunjungan wisman telah mencapai 2,24 juta kunjungan.

"Kalau kita lihat bulan ketiga, itu sudah 800 ribu kunjungan lebih. Kalau kita pukul rata sampai akhir tahun 700 ribu (kunjungan) saja, 8,5 juta pasti tercapai. Semoga dengan dukungan Bapak Ibu sekalian, kita bisa mencapai hampir 10 juta lah kurang lebih," katanya.

Untuk mendukung implementasi program Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI), Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) menginisiasi pameran pariwisata #DiIndonesiaAja Travel Fair 2023 (#DIATF 2023).

Kegiatan itu juga dilakukan untuk mendukung pencapaian target 1,2-1,4 miliar perjalanan wisata dalam negeri pada 2023.

#DIATF 2023 digelar pada 19-21 Mei 2023 di Grand Atrium Mal Kota Kasablanka, Tebet, Jakarta Selatan.

Baca juga: #DIATF 2023 dukung target 1,4 miliar perjalanan wisata dalam negeri
Baca juga: GOTF jadi upaya bangkitkan pariwisata Indonesia
Baca juga: #DiIndonesiaAja Travel Fair akan digelar di Mall Kota Kasablanka

Pewarta: Ade Irma Junida
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023