Indeks saham-saham unggulan atau blue-chips FTSE 100 yang berorientasi ke pasar luar negeri menguat 0,2 persen pada 07.04 GMT
Bengaluru (ANTARA) - Saham Inggris naik pada awal perdagangan Jumat, dengan indeks utama terangkat data yang menunjukkan kepercayaan konsumen negara itu mencapai level tertinggi 15 bulan, menambah ke optimisme bahwa kesepakatan atas plafon utang AS sudah dekat.

Indeks saham-saham unggulan atau blue-chips FTSE 100 yang berorientasi ke pasar luar negeri menguat 0,2 persen pada 07.04 GMT, berbalik positif untuk minggu ini.

Baca juga: Saham Inggris berbalik menguat, indeks FTSE 100 terangkat 0,25 persen

Penambang logam industri dan perusahaan energi masing-masing menambahkan 0,6 persen dan 1,3 persen, karena harga komoditas didorong oleh tanda-tanda bahwa kesepakatan untuk menaikkan plafon utang AS dapat dilakukan paling cepat pada Minggu (21/5/2023).

Menambah suasana optimis, sebuah survei menunjukkan kepercayaan konsumen domestik naik ke level tertinggi dalam 15 bulan pada Mei, karena rumah tangga mengambil pandangan yang lebih positif terhadap ekonomi dan keuangan mereka.

Smiths Group PLC meningkat 1,0 persen setelah grup industri itu menaikkan perkiraan pertumbuhan pendapatan tahunannya untuk ketiga kalinya dalam lima bulan, karena permintaan untuk produknya meningkat di tengah tren dekarbonisasi dan dari peningkatan standar bandara.

Sementara itu, indeks saham-saham berkapitalisasi sedang atau mid-caps FTSE 250 yang fokus ke pasar domestik bertambah 0,1 persen.

Baca juga: Saham Inggris dibuka naik didorong sentimen global yang optimistis

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023