Jambi (ANTARA) - Fajar Anwar, seorang mahasiswa asal Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), Jambi mengekspor 19 ton buah pinang ke Bangladesh berkat kerja kerasnya selama ini dan dukungan penuh dari berbagai pihak terutama Bea Cukai dalam merealisasikan ekspor pinang yang selama ini belum terwujud.

"Sebagai bentuk nyata dalam peningkatan ekspor daerah, Bea Cukai Jambi terus melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait dalam memfasilitasi para pelaku usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM) dalam memasarkan produk unggulan hingga menembus pasar internasional, maka saya ucapkan terima kasih," kata Fajar Anwar, di Jambi Jumat.

Hal tersebut dilakukan Fajar dengan mendapatkan informasi serta diberikan asistensi maupun pendampingan melalui program Klinik Ekspor Bea Cukai Jambi, diantaranya PT Agro Future Indonesia yang telah berhasil melepas ekspor perdana produk pertanian dengan komoditas buah pinang.

PT Agro Future Indonesia milik Fajar Anwar itu berasal dari kota Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang sudah membuktikan bahwa ekspor itu mudah dilakukan siapa pun, potensi yang luar biasa dari Provinsi Jambi membuat dirinya memiliki visi misi untuk mewujudkan UMKM naik kelas.

Hal itu dibuktikannya dengan pelepasan ekspor perdana komoditas biji pinang sebanyak 19 ton ke Bangladesh pada beberapa hari lalu, dari buah hasil kegigihan dan keberhasilannya dalam melakukan pengembangan dan pemasaran produk unggulannya ke pasar global.

Sementara itu Kepala Bea Cukai Jambi WIjang Abdillah mengatakan bahwa terlaksananya ekspor perdana oleh PT Agro Future Indonesia  merupakan hasil dari sinergi Bea Cukai dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Karantina Pertanian, Pelindo, dan Blantica Academy yang terus bergandengan tangan dalam mendukung dan mendorong UMKM Jambi naik kelas sehingga dapat memasarkan produknya hingga ke pasar internasional.

Dia berharap dengan adanya ekspor perdana yang berhasil dilakukan oleh PT Agro Future Indonesia dapat memberikan semangat dalam peningkatan kualitas dan diversifikasi produk potensial ekspor Provinsi Jambi serta dapat memacu para pelaku usaha lainnya untuk memperluas produknya ke pasar internasional.

Baca juga: Presiden Jokowi harap pinang jadi komoditas unggulan ekspor Indonesia
Baca juga: Mentan Syahrul melepas ekspor 288 ton pinang Jambi ke Pakistan
Baca juga: Kemendag lepas ekspor perdana pinang ke Arab Saudi



 

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023