Jayapura (ANTARA) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas meresmikan mal pelayanan publik (MPP) di Terminal Tipe A Entrop, Kota Jayapura, Papua, untuk meningkatkan pelayanan masyarakat, Jumat.

"Dengan diresmikan mal pelayanan publik di Kota Jayapura menunjukkan bahwa pemerintahan di bawah kepimpinan Presiden Joko Widodo melalui konsep Indonesia sentris bukan soal infrastruktur saja tetapi juga sektor pelayanan publik," kata Anas di Jayapura, Jumat.

Menurut Anas, pihaknya akan terus mendorong pertumbuhan MPP di Papua dengan memberikan supervisi dan monitoring mingguan dan bulanan terkait MPP di Papua.

Dia menjelaskan MPP di Kota Jayapura merupakan salah satu tempat pelayanan publik pertama di Indonesia Timur.

"Kami yakini adanya MPP di Jayapura, maka pelayanan publik dapat berjalan dengan baik dan kami optimistis ini akan berjalan dengan baik dan memberikan kemudahan pelayanan masyarakat," ujarnya.

Dia menambahkan pihaknya berharap ke depan pelayanan publik berjalan optimal karena birokrasi merupakan mesin  pemerintahan.

"Dengan demikian, birokrasi bisa berjalan maka pelayanan publik akan bagus dan kepuasan rakyat pasti akan meningkat," katanya.

Baca juga: Menpan RB ukur indeks reformasi birokrasi dari dampak kinerja
Baca juga: Menteri PANRB dorong ASN di Bengkulu tingkatkan kinerja


Sementara itu, Penjabat Kota Jayapura Frans Pekey mengatakan mal pelayanan publik hadir untuk seluruh jenis pelayanan kementerian, lembaga, BUMN, BUMD, dan pemda agar dapat melakukan pelayanan publik dengan cepat, mudah, terjangkau, dan aman.

"Kami bangga karena mal pelayanan publik di Kota Jayapura diresmikan Menpan RB," katanya.

Menurut Pekey, MPP yang berada di Terminal Tipe A Entrop, Distrik Jayapura Selatan terdapat 24 instansi pemerintah, BUMN, dan BUMD dengan 100 jenis pelayanan terpadu.

"Layanan itu di antaranya instansi Imigrasi, Kementerian Agraria, Kementerian Keuangan (Pajak), pelayanan SIM, Kejaksaan Tinggi Negeri, BPOM, BPJS Ketenagakerjaan, layanan Samsat, BPJS Kesehatan, PT PLN, dan PDAM," ujarnya.

Dia mengatakan pihaknya berharap dengan adanya MPP dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kota Jayapura dalam memberikan layanan terbaik bagi masyarakat.

Ia siap mendukung inovasi Kemenpan RB dalam menerapkan MPP berbasis digital.

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023