Meski terlihat membosankan, tim Italia seperti memberikan tamparan pada sepak bola modern bahwa dalam sepak bola tidak melulu mengenai skema menyerang dan penguasaan bola
Jakarta (ANTARA) - Tiga tim berasal dari Italia, yakni Inter Milan, AS Roma dan ACF Fiorentina dipastikan melaju ke babak final untuk tiga edisi kompetisi kasta Eropa yaitu Liga Champions atau UEFA Champions League, Europa League dan Conference League.

Inter Milan bakal menghadapi Manchester City di final Liga Champions (11/6). Lalu AS Roma akan menantang tim langganan juara Europa League Sevilla (1/6). Sementara Fiorentina berambisi merengkuh trofi Conference League dengan menjamu West Ham United (8/6).

Tim-tim Italia ompong di Eropa lebih dari satu dekade sejak Inter Milan juara Liga Champions pada musim 2010 bahkan sukses meraih treble di era kepelatihan Jose Mourinho.

Malah di Europa League, tim asal Italia seolah hanya sekedar berkontestasi dan jauh dari kata garang setelah terakhir kali piala kasta kedua Liga Eropa itu tiba di Italia tahun 2000 yang dibawa oleh Parma.

Meski dibilang seumur jagung, Conference League yang merupakan kompetisi kasta ketiga Eropa diboyong menuju ibukota Italia oleh AS Roma di era Jose Mourinho pada musim lalu.

Klub Italia telah kehilangan pamor seusai menjadi liga teratas dunia pada dekade 1980 hingga 1990-an. Ketika itu,  tim-tim Italia seperti AC Milan, Napoli, Juventus, Inter Milan hingga Parma hilir mudik mengangkat trofi Eropa.


Baca juga: Inter Milan melaju ke final Liga Champions 2022/23
Baca juga: AS Roma melaju ke final Liga Europa 2022/23




Selanjutnya: persoalan pelik yang dihadapi klub-klub Liga Italia
 

Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023