Beijing (ANTARA) - Penasihat politik utama China Wang Huning pada Jumat (19/5) bertemu dengan para anggota terkemuka dari Asosiasi Islam China serta memberikan selamat kepada perayaan 70 tahun pendirian asosiasi tersebut.

Wang, yang merupakan anggota Komite Tetap Biro Politik Komite Sentral Partai Komunis China (CPC) sekaligus ketua Komite Nasional Majelis Permusyawaratan Politik Rakyat China (CPPCC), bertemu dengan mereka dalam sebuah pertemuan yang diadakan di Beijing untuk memperingati ulang tahun asosiasi tersebut.

Dia berfoto bersama dengan semua perwakilan yang menghadiri pertemuan tersebut, dan menyampaikan salam kepada para tokoh Islam dan semua umat Muslim di China.

Wang memuji kinerja asosiasi itu dalam memimpin tokoh Islam dan umat Muslim dalam mengikuti jalur yang beradaptasi dengan masyarakat sosialis dan berpartisipasi aktif dalam modernisasi sosialis. Dia menambahkan asosiasi tersebut telah menyumbangkan kebijaksanaan dan kekuatannya untuk kemakmuran negara dan peremajaan nasional.

Wang meminta komunitas Islam di China untuk membimbing para tokoh Islam dan umat Muslim dalam meneruskan tradisi baik menjadi patriotik, memupuk rasa identitas yang tumbuh dalam diri mereka terhadap ibu pertiwi, bangsa China, budaya China, CPC, dan sosialisme dengan karakteristik China, serta membentuk rasa kebersamaan komunitas yang kuat untuk bangsa China.

Dia juga meminta asosiasi itu untuk mempromosikan lebih lanjut pelokalan Islam di China, pembinaan anggota keagamaan, dan pengelolaan urusan keagamaan sesuai dengan hukum.

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023