Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mendorong penguatan kemitraan bidang kehutanan antara Indonesia dan Brasil saat pertemuan bilateral dengan Presiden Luiz Inacio Lula da Silva di sela-sela KTT G7 di Hotel Rihga Royal, Hiroshima, Jepang, Sabtu.

Isu kehutanan menjadi topik utama kedua pemimpin mengingat Indonesia dan Brasil merupakan dua di antara negara-negara yang memiliki luas hutan tropis terbesar di dunia.

Oleh karena itu, Presiden Jokowi menekankan pentingnya soliditas di antara negara-negara pemilik hutan, termasuk misalnya Republik Demokratik Kongo.

"Lebih dari 30 persen hutan tropis (dunia) dimiliki Indonesia-Brasil dan Republik Demokratik Kongo," kata Jokowi dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Presiden Jokowi dan Presiden Lula sempat membahas kerja sama penanganan perubahan iklim, di mana kedua pemimpin menyampaikan komitmen negara masing-masing dalam isu tersebut.

Baik Presiden Jokowi maupun Presiden Lula sepakat untuk mendorong negara-negara maju merealisasikan komitmen penyediaan dana perubahan iklim.

Baca juga: Presiden Jokowi apresiasi realisasi proyek EBT kepada PM Inggris
Baca juga: Presiden Jokowi dan PM Kishida bahas peningkatan kemitraan RI-Jepang


Kedua kepala negara sempat menyatakan keyakinan bahwa hubungan Indonesia-Brasil akan semakin meningkat di masa mendatang.

Presiden Jokowi dan Presiden Lula  sepakat meningkatkan kerja sama dalam pengembangan peternakan serta pengadaan daging untuk Indonesia.

Presiden Lula secara tidak langsung menyampaikan undangan agar Presiden Jokowi berkenan melakukan kunjungan kenegaraan ke Brasil.

"Saya sangat mengharapkan kedatangan Presiden Widodo ke Brazil dan kita akan dapat membahas lebih banyak lagi kerja sama antara dua negara berkembang yang besar seperti Indonesia dan Brasil," ujar Presiden Lula.

Turut mendampingi Presiden dalam pertemuan bilateral Indonesia-Brasil adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, serta Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Hadir pula Menteri BUMN Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Direktur Asia Timur Kementerian Luar Negeri RI Santo Darmosumarto.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023