Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo mengajak Perdana Menteri Kepulauan Cook Mark Brown untuk meningkatkan kerja sama demi mewujudkan kawasan Pasifik yang damai, stabil, dan sejahtera.

Menurut Presiden Jokowi hal itu bisa dicapai melalui semangat kolaborasi dan saling menghormati kedaulatan dan integritas wilayah masing-masing.

"Saya yakin Yang Mulia memiliki pandangan sama dan menyuarakan hal tersebut di Pacific Islands Forum," kata Jokowi dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Presiden Jokowi menyampaikan hal tersebut saat melakukan pertemuan bilateral dengan PM Brown di Hotel Rihga Royal, Hiroshima, Jepang, Sabtu, di sela rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7.

"Ini pertemuan pertama kita sejak hubungan bilateral dibuka tahun 2019. Selamat juga atas keketuaan Yang Mulia di Pacific Islands Forum (PIF)," ujar Jokowi.

Presiden Jokowi mengingatkan sebagai sesama negara Pasifik, Indonesia dan Kepulauan Cook harus bersatu dan bersama-sama menghadapi isu kelautan serta perubahan iklim yang menjadi tantangan di masa mendatang.

Selain itu, Presiden Jokowi mengutarakan keinginan Indonesia untuk terlibat secara langsung dalam mendukung pembangunan di negara-negara Pasifik.

"Kami juga tengah mengembangkan peta jalan kerja sama pembangunan di Pasifik sebagai tindak lanjut Indonesia-Pacific Forum for Development," katanya.

Indonesia dan Kepulauan Cook, lanjut Jokowi, juga memiliki peluang untuk meningkatkan kerja sama di berbagai bidang, seperti pertanian, perikanan, pariwisata, pendidikan, hingga penanggulangan bencana alam.

Turut mendampingi Presiden dalam pertemuan bilateral dengan PM Kepulauan Cook adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Hadir pula Menteri BUMN Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Direktur Asia Timur Kementerian Luar Negeri RI Santo Darmosumarto.

Baca juga: Presiden Jokowi dorong penguatan kemitraan kehutanan RI-Brasil

Baca juga: Presiden Jokowi dan PM Trudeau bahas kerja sama ekonomi hingga Myanmar

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023