Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menjalankan rangkaian electric multiple unit/comprehensive inspection train (EMU/CIT) Kereta Api Cepat Jakarta Bandung (KCJB) untuk mengetes listrik aliran atas atau overhead catenary system (OCS) KCJB.

Pengujian dilakukan dengan menjalankan EMU/CIT rute Depo Tegalluar, Stasiun Tegalluar Kabupaten Bandung hingga ke Stasiun Halim, Jakarta Timur yang dilakukan pada Jumat (19/5) dan dijadwalkan dilanjutkan pada Sabtu.

Manager Corporate Comunication KCIC Emir Monti dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu mengatakan kegiatan tersebut merupakan kelanjutan dari tahapan pengetesan KCJB yang selama ini terus dilakukan.

"Pada Jumat (19/5) dilakukan pengetesan hot sliding untuk memastikan seluruh OCS sudah dialiri listrik dengan menjalankan EMU untuk pengujiannya dan rencana diikuti perjalanan CIT di hari berikutnya. Hal ini merupakan tindak lanjut dari pengaliran listrik yang pertama kali dilakukan pada Kamis (18/5) malam ke seluruh jaringan OCS KCJB," ujar Emir.

Tahapan kegiatan pengetesan itu merupakan kegiatan internal test yang dilakukan oleh kontraktor KCJB didampingi konsultan independen dan melaporkan hasilnya secara periodik ke KCIC.

Kontraktor KCJB melakukan pengujian hot sliding test itu sebagai tahapan sebelum dilakukannya commissioning test internal dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Dalam pengetesan hot sliding, KCIC menyebut OCS dibebani dengan menjalankan EMU/CIT dalam kecepatan terbatas yaitu rata-rata 60 km/jam. Seluruh jaringan kelistrikan dites secara seksama agar tahapan tes dapat dilakukan ke tahap selanjutnya, sekaligus melakukan pengujian fungsi subsistem lainnya.

Ke depan berbagai tes akan terus dilakukan terhadap sarana dan prasarana yang telah dibangun untuk memastikan kesiapan dan keselamatan operasional KCJB.

"Pengetesan pada Jumat (19/5) berjalan lancar dan EMU berhasil tiba di Stasiun Halim sesuai rencana. Momen ini merupakan momen yang cukup penting karena pertama kalinya kereta api cepat berjalan dari Tegalluar hingga ke Halim. KCIC akan terus melakukan pengetesan dalam rangka menghadirkan kereta api cepat pertama di Indonesia," kata Emir.

Baca juga: KCIC alirkan daya listrik jalur kereta cepat Jakarta-Bandung
Baca juga: Ridwan Kamil mengajak warga dukung uji fungsi KCJB yang mulai digelar
Baca juga: KCIC sebut tes fungsi bagian penting dalam rencana pengoperasian KCJB

 

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023