Jakarta (ANTARA) - JMX Phantom menggelar kompetisi balap simulator bertajuk Jakarta E-Prix Esport Championship yang sudah dimulai sejak 10 Mei sebagai bagian dari rangkaian Jakarta E-Prix yang akan digelar di AGI International E-Prix Circuit, Ancol, Jakarta Utara, 3-4 Juni.

Erick Derian selaku CEO Racelab Sim mengatakan kompetisi tersebut digelar untuk menyemarakkan ajang Formula E-Prix pada Juni sekaligus mengenalkan Sim Racing yang menurutnya masih asing di Indonesia.

“Ini adalah rangkaian acara untuk menyambut Formula E yang akan diadakan pada 3-4 Juni,” kata Erick dalam konferensi pers di Mall Artha Gading, Sabtu Sore.

“Tujuannya adalah untuk mengajak sebanyak mungkin sim racer di Indonesia dan memperkenalkan Sim Racing yang mungkin masih agak asing kepada orang awam,” tambahnya.

Kompetisi balap simulator tersebut menjadi kompetisi Sim Racing pertama di Indonesia yang menampilkan 40 pebalap simulator dari berbagai penjuru Tanah Air. Para pebalap akan tampil dalam lima ronde dengan memperebutkan total hadiah Rp100 juta.

“Basically ini lomba esport sim racing atau simulasi balap terbesar se-Indonesia. Baik secara rondenya maupun secara hadiahnya karena hadiah yang diperebutkan senilai Rp100 juta,” jelas Erick.

Baca juga: Simulasi lomba setir mobil balap jadi rangkaian kegiatan Formula E

Lima ronde yang dimainkan akan terbagi dari seri online dan offline. Seri online terdiri dari ronde 1, ronde 2, dan ronde 4. Sementara seri offline terdiri dari ronde 3 dan ronde 5.

Ronde 1 sudah terselenggara pada Rabu (10/5) di Sirkuit Virtual Senayan dan ronde 2 juga sudah terselenggara satu pekan setelahnya pada Rabu (17/5) di Sirkuit Virtual Meda Merdeka.

Saat ini tengah berlangsung ronde 3 yang digelar secara offline di Mall Artha Gading pada 19-21 Mei dengan sirkuit AGI Jakarta International E-Prix Virtual Circuit.

Lalu, untuk ronde 4 kembali dimainkan secara online pada Rabu (24/5) di Sirkuit Virtual SCBD. Terakhir, untuk ronde 5 digelar secara offline sebagai penutup seri Sim Racing yang nantinya dimainkan di Lot 8 SCBD, Jakarta pada 27-28 Mei di AGI Jakarta International E-Prix Virtual Circuit.

“Tim kami telah bekerja keras selama enam bulan terakhir untuk mempersiapkan kejuaraan ini agar berjalan dengan lancar dan kami akan melakukan yang terbaik untuk menghadirkan kejuaraan Sim Racing profesional dengan kualitas terbaik di Indonesia,” kata Presley selaku CEO JMX Phantom.

Kegiatan tersebut menawarkan berbagai hal menarik, seperti pengunjung bisa menyaksikan secara langsung bahkan mengikuti kegiatan Girls Coaching Clinic yang dipandu oleh IMI Women in Motorsport. Komunitas pebalap wanita Indonesia akan memberi tips balap terbuka untuk umum bagi wanita dari segala jenjang umur.

Di kegiatan offline tersebut juga akan ada balapan IMI Women in Motorsport, yaitu para wanita dari berbagai disiplin motorsport akan beradu kecepatan di simulator menggunakan mobil dan track Jakarta E-Prix. Juga ada balapan all star yang nantinya dihadiri oleh para pebalap nasional dan otomotif enthusiast di Indonesia.

Selain itu, juga disediakan ticket booth atau tempat pembelian tiket untuk menonton secara langsung Jakarta E-Prix 2023.

“Kami mengundang semua orang, semua bisa jadi pebalap. Sekarang semua yang suka balap bisa mulai dari Sim Racing, bisa ikut kompetisi dan akan ada fresh money. Semoga event-nya sukses dan semoga Sim Racing naik,” kata Presley.

Acara tersebut juga dapat disaksikan secara online dan diakses secara gratis melalui channel Youtube Jakarta E-Prix Official.

Baca juga: Bank DKI siap jadi sponsor Formula E 2023
Baca juga: Sekda DKI tegaskan Formula E tetap berjalan dengan skema bisnis


Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023