Jakarta (ANTARA) - Fitur panoramic sunroof untuk saat ini bukan lagi menjadi hal yang sulit untuk dicari dalam sebuah kendaraan, hampir di semua merek memberikan pilihan tersebut di model-model tertentu.

Baca juga: Alasan panoramic sunroof di Honda HR-V dioperasikan secara manual

Fitur yang saat ini sudah banyak menggunakan teknologi elektrik, membuat para pemilik harus waspada dan juga tetap merawat fitur ini dengan baik dan benar sehingga tidak menyebabkan kerusakan yang merogoh kocek cukup mahal.

Suzuki dalam laman resminya pada Minggu, memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan oleh para pemilik kendaraan untuk merawat panoramic sunroof secara mandiri di rumah.

Perhatikan kebersihannya
Posisi yang berada di atas, membuat panoramic sunroof ini rentan untuk terkena kotoran dan debu bahkan pasir dan kerikil, terutama pada bagian relnya. Hal ini menyebabkan rel bergesek dan sunroof tidak bisa membuka dan menutup dengan baik.

Jika tidak dibersihkan, kotoran-kotoran tersebut akan menumpuk dan saluran pembuangan air pun menjadi terhambat. Ketika air di saluran ini menggenang, rel lama-lama menjadi berkarat dan akan timbul kebocoran.

Untuk membersihkannya, pemilik cukup membuka plat panoramic sunroof dan bersihkan semua area yang terlihat. Gunakan vacuum cleaner jika diperlukan. Seka bagian-bagian yang dapat bergerak. Lap di sekitar atap dengan kain yang lembut atau lap khusus mobil. Anda bisa gunakan sikat gigi untuk membersihkan slide dan relnya.

Pemilik juga bisa menambahkan gemuk yang ringan dan tahan panas untuk melumasi bagian yang bergerak jika sudah dibersihkan.

Bersihkan secara menyeluruh
Penting untuk melakukan perawatan guna mencegah terjadi jamur dan juga kusam pada bagian kacanya akibat cuaca. Sehingga, para pemilik kendaraan perlu sekali-kali membersihkan fitur itu.

Lakukan proses pembersihan dengan hati-hari dan perlahan. Pastikan bagian yang telah dicuci benar-benar kering. Jangan sampai masih ada sisa air atau sabun di plat, sehingga nantinya akan memicu pertumbuhan jamur.

Singkirkan semua debu, terutama di bagian karetnya yang mungkin yang mengendap. Agar karet panoramic sunroof tetap lentur meskipun sering terpapar sinar matahari, tambahkan cairan silikon pada area karetnya.


Baca juga: Bentley tarik kembali Continental GT 2020 akibat kerusakan sunroof

Baca juga: Perbedaan empat varian Almaz

Baca juga: Ganti sunroof dengan monitor, tanggapan konsumen Pajero Sport terbelah
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2023