Jakarta (ANTARA) - Denver Nuggets menjadi mimpi buruk bagi masyarakat Los Angeles dengan mengalahkan LA Lakers 119-108 di Crypto.com Arena LA, Minggu WIB, dalam laga final NBA Wilayah Barat.

Satu menit sebelum pertandingan usai, para pendukung Lakers balik badan dan keluar arena melihat tim kesayangannya di ambang kegagalan untuk menembus final NBA.

Dalam tiga gim terakhir, Denver Nuggets menyapu bersih kemenangan sehingga membuat Nuggets unggul 3-0. Tinggal satu kali lagi mengalahkan Lakers, maka tiket final NBA akan didapat.

Bermain di kandang sendiri tak membuat Lakers bisa memegang kendali jalannya laga. Sejak kuarter pertama, Lakers sudah dibabat oleh Nuggets hingga selisih 14 poin.

Berdasarkan statistik pertandingan yang dikutip dari laman resmi NBA, dominasi dan kepemimpinan Nuggets hampir di sepanjang laga. Lakers hanya diberi angin sampai skor imbang, atau paling tinggi hanya unggul dua poin.

LeBron James dkk hanya diberi lima kali kesempatan menyamakan kedudukan, termasuk tiga kali di kuarter akhir yang membangkitkan asa pemain dan penggemar.

Namun superioritas Nuggets seakaan tak ada lawan. Tembakan tiga angka Jamal Murray, Jokic, dan lainnya di kuarter akhir menjadi pengubur asa bagi para pemain Lakers.

Nuggets mencatatkan 15 dari total 26 poin di kuarter empat, yang didapat dari tembakan tiga angka. Field goals atau akurasi tembakan Nuggets pada kuarter empat mencapai 60 persen, sementara Lakers hanya 41 persen.

Jokic tak mencatat triple-double, begitu pula double-double. Pemain dengan tinggi 210 centimeter itu mencetak 24 poin, enam rebound, dan delapan assist.

Top skorer Nuggets adalah Jamal Murray dengan 37 poin, Kentavious Caldwell-Pope 17 poin, Bruce Brown Jr 15 poin, dan Michael Porter Jr 14 poin serta 10 rebound.

Pada Lakers, Anthony Davis menjadi pencetak skor tertinggi dengan 28 poin, LeBron James 23 poin dan 12 assist. Bahkan jurus andalan James dan Davis yaitu umpan tinggi bersanding dengan keranjang lalu Davis menyambar seraya dunk sudah diantisipasi oleh Nuggets dengan beberapa kali upaya itu digagalkan.

Anthony Reaves mencetak 23 poin, dan Rui Hachumura 13 poin.

Pertandingan keempat akan kembali dilangsungkan di Los Angeles pada Selasa (23/5).

Baca juga: Jokic triple-double lagi, Nuggets kalahkan Lakers 108-103 di gim kedua
Baca juga: Triple-double Jokic hantui Lakers di Final Barat

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023