akan dibentuk pada awal Juni tahun ini
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) berencana membentuk Satuan Tugas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Satgas Gulkarmat)​​​​​ di setiap kelurahan daerah itu sebagai upaya antisipasi dini pada setiap kejadian darurat seperti kebakaran.

"Kami sudah mengajukan proposalnya ke dinas Gulkarmat DKI Jakarta. Jika disetujui dan lancar segala urusan administrasinya, masing-masing kelurahan akan kami tempatkan satu orang anggota kami untuk mengantisipasi adanya kejadian darurat seperti kebakaran," kata Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Barat, Syarifudin di Jakarta Barat, Minggu.

Syarifudin melanjutkan, hal tersebut dilakukan untuk memperluas area pengawasan pihak Sudin Gulkarmat Jakarta Barat.

"Dalam proposal yang kami ajukan, ada satu orang petugas kami di setiap kelurahan. Rencananya akan dibentuk pada awal Juni tahun ini," katanya. 

Baca juga: Satu rumah kontrakan terbakar di Tambora Jakarta Barat

Ia menjelaskan, pihaknya juga berencana untuk membangun posko Gulkarmat di setiap kelurahan, tetapi masih terkendala pada soal standarisasi posko dan kekurangan jumlah anggota.

"Karena itu, tahap awal, penempatan satu orang petugas Gulkarmat terlebih dahulu pada setiap kelurahan di Jakarta Barat," katanya.

Ia menambahkan, dengan penempatan petugas pada setiap kelurahan nanti, sosialisasi tentang kebakaran akan digencarkan.

Hal itu karena beberapa kebakaran beruntun di Jakarta Barat akhir-akhir ini diakibatkan oleh ketidakpahaman warga akan potensi-potensi kebakaran yang ada di sekitar. 

Baca juga: Polisi selidiki kebakaran rumah dan lapak dekat TPS Muara Baru

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023