Jakarta (ANTARA) - Kemenangan atas Chelsea dengan skor 1-0 mewarnai perayaan juara Liga Inggris Manchester City pada pekan ke-37 di Stadion Etihad, Manchester, Minggu.

Pada pertandingan ini kemenangan Manchester City hadir berkat gol tunggal yang dicetak oleh Julian Alvarez, demikian catatan Liga Inggris.

Ini merupakan gelar ketiga beruntun Manchester City setelah pada musim dua sebelumnya mampu mengamankan juara Liga Inggris.

Kini Manchester City kokoh di puncak klasemen sementara Liga Inggris dengan torehan 88 poin dari 36 pertandingan, sedangkan Chelsea turun peringkat ke posisi 12 dengan raihan 43 poin.

Manchester City mendominasi jalannya pertandingan dengan mencatatkan 66 persen penguasaan bola serta melepaskan 15 tendangan yang dua di antaranya tepat sasaran.

Pada babak pertama Manchester City mampu unggul cepat pada menit ke-12 ketika umpan Cole Palmer dapat dikonversi menjadi gol oleh tendangan Julian Alvarez sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Palmer hampir menggandakan keunggulan untuk Manchester City andai tendangannya tak dapat disapu oleh pemain Chelsea Nathan Chalobah.

Chelsea berbalik memberikan ancaman ketika penyerang Raheem Sterling mampu melepaskan tendangan di kotak penalti Manchester City, namun bola masih dapat diamankan kiper Stefan Ortega.
The Blues hampir menggandakan keunggulan ketika umpan silang Lewis Hall dapat disambut oleh sundulan Conor Gallagher, namun upaya yang dilakukan oleh pemain Inggris tersebut masih membentur tiang gawang Manchester City.

Selanjutnya pada babak kedua Chelsea memiliki peluang ketika tendangan Hall masih dapat diamankan oleh Ortega.

The Citizens hampir menggandakan keunggulan andai sundulan dari Kalvin Phillips tidak membentur tiang gawang dari Chelsea.

Chelsea enggan untuk menyerah dan memiliki peluang melalui kerja sama Sterling dan Hall, akan tetapi Ortega kembali melakukan penyelamatan untuk menjaga gawangnya tetap bersih.

Manchester City menggandakan keunggulan ketika Alvarez membobol gawang dari Chelsea, namun pada akhirnya dianulir oleh VAR karena Riyad Mahrez yang mengirimkan umpan lebih dulu berada dalam posisi offside.

Pada sisa waktu babak kedua, baik Manchester City dan Cheslea tetap melakukan jual beli serangan, namun hingga peluit panjang berbunyi, skor 1-0 untuk kemenangan tuan rumah tetap bertahan.

Selanjutnya Manchester City akan melakoni partai tunda pekan ke-32 kontra Brighton, Rabu (24/5), sedangkan Chelsea akan bertandang ke markas Manchester United, sehari setelahnya.

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023