Jakarta (ANTARA) - Brighton and Hove Albion meraih tiga poin setelah mengalahkan tim juru kunci Southampton dengan skor 3-1 dalam matchday ke-37 Liga Inggris di Stadion Amex pada Minggu (21/5) WIB.

Evan Ferguson mengemas dua gol untuk Brighton di babak pertama sebelum, Souhtampton kemudian memperkecil ketertinggalan melalui Mohamed Elyounoussi sebelum gol Pascal Gross memastikan kemenangan bagi tim tuan rumah.

Hasil itu membuat Brighton makin kukuh di tempat keenam dengan mengoleksi 61 poin, sekaligus mengancam posisi Liverpool di tempat kelima yang hanya unggul lima poin. Brighton juga memainkan satu pertandingan lebih sedikit dari Liverpool.

Bila mereka bisa menang dalam dua pertandingan itu dan Liverpool kalah dari Southampton di laga terakhir, maka tim asuhan Roberto De Zerbi ini bisa mencuri posisi untuk finis lima besar dan berhak berkompetisi di Liga Europa musim depan.

Sementara itu, Southampton sudah dipastikan terdegradasi ke divisi Championships musim depan, demikian catatan laman resmi Liga Premier Inggris.

Brighton langsung memberikan ancaman saat pertandingan baru berjalan delapan menit. Tendangan Kaoru Mitoma dari jarak dekat hanya melenceng tipis dari gawang Southampton.

Southampton balas menyerang melalui tendangan Carlos Alcaraz pada menit ke-17, tetapi percobaannya itu masih melenceng tipis dari gawang Jason Steele.

Suporter tuan rumah akhirnya bersorak pada menit ke-29 berkat gol Evan Ferguson. Alexis MacAllister memberikan bola kepada Ferguson yang melepaskan tembakan di kotak penalti melewati celah kaki bek Southampton, Lyanco sehingga mengecoh kiper Alex McCarthy. Skor menjadi 1-0.

Ferguson mencetak keduanya dalam pertandingan pada menit ke-40. Mitoma menusuk di sisi kiri lapangan dan memberikan umpan silang ke kotak penalti yang kemudian diselesaikan oleh Ferguson ke pojok kanan bawah gawang McCarthy. Brighton unggul 2-0.

Southampton bisa memperkecil ketinggalan menjadi 1-2 lewat gol sundulan Mohamed Elyounoussi yang memanfaatkan sepak pojok James Ward-Prowse.

Theo Walcott sempat membobol gawang Brighton, tetapi gol itu dianulir VAR karena mantan pemain Arsenal itu sudah berada dalam posisi offside.

Brighton justru bisa memperbesar keunggulan mereka menjadi 3-1 pada menit ke-69 berkat gol Pascal Gross setelah menyelesaikan umpan dari Levi Colwill.

Tidak ada gol tambahan yang tercipta di sisa waktu pertandingan, Brighton menang 3-1 atas Southampton.

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023