Jakarta (ANTARA) - Valencia menjauh dari zona degradasi seusai mengalahkan Real Madrid dengan skor tipis 1-0 pada pekan ke-35 Liga Spanyol di Stadion Mestalla, Valencia, Minggu waktu setempat.

Kemenangan Valencia pada laga ini hadir berkat gol tunggal yang dicetak oleh Diego Lopez di babak pertama, demikian catatan Liga Spanyol.

Kini Valencia naik ke posisi ke-13 klasemen sementara Liga Spanyol dengan torehan 40 poin dari 35 pertandingan, berselisih lima poin dari zona degradasi.

Di sisi lain, Real Madrid harus rela turun ke posisi ketiga klasemen sementara dengan raihan 71 poin, karena sebelum laga ini, Atletico Madrid mampu mengamankan kemenangan 3-0 atas Osasuna.

Pada pertandingan ini Real Madrid mendominasi jalannya pertandingan dengan mencatatkan 74 persen penguasaan bola serta melepaskan 13 tendangan yang lima di antaranya tepat sasaran, namun Valencia dapat tampil efektif dengan mencatatkan satu gol.

Real Madrid mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu pada laga ini, namun upaya yang dilakukan Vinicius Junior serta kolega tidak ada yang membuahkan hasil.

Lebih sering mendapatkan tekanan, Valencia justru mampu unggul lebih dulu pada menit ke-33 melalui gol yang dicetak oleh gelandang Diego Lopez.
Berawal dari kerja sama Jose Gaya serta Justin Kluivert, pemain asal Belanda itu mengirimkan umpan kepada Lopez yang mampu membobol gawang dari Real Madrid sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Menjelang berakhirnya babak pertama, Valencia hampir menggandakan keunggulan melalui tendangan Javi Guerra yang masih dapat diselamatkan oleh kiper Real Madrid Thibaut Courtois. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Tertinggal satu gol, pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti memutuskan untuk menambah daya gedor dengan memasukkan penyerang sayap Rodrygo menggantikan gelandang Eduardo Camavinga pada babak kedua.

Meski begitu, Valencia yang mendapatkan peluang terlebih dahulu pada babak kedua melalui upaya yang dilakukan oleh Lopez, namun dapat dimentahkan oleh Courtois.

Skuad asuhan Ruben Baraja sempat kembali membobol gawang dari Real Madrid melalui tendangan yang dilepaskan oleh Kluivert, namun gol tersebut dianulir oleh wasit karena lebih dulu terjadi offside.

Memasuki waktu tambahan babak kedua, Real Madrid sempat memiliki peluang melalui tendangan gelandang Federico Valverde, namun bola dapat dihalau oleh kiper Giorgi Mamardashvili.

Mamardashvili kembali melakukan penyelamatan, kali ini kiper asal Georgia tersebut berhasil mementahkan peluang tendangan bebas yang dilepaskan oleh Toni Kroos.

Real Madrid harus bermain dengan 10 orang menjelang berakhirnya pertandingan usai Vinicius mendapatkan kartu merah dari wasit karena melakukan dorongan kepada pemain Valencia Samuel Lino.

Pada detik-detik akhir pertandingan, Karim Benzema hampir membawa Los Blancos menyamakan kedudukan andai tendangannya tidak dapat dihalau oleh Mamardashvili. Skor 1-0 untuk kemenangan Valencia tetap bertahan hingga laga usai.

Selanjutnya Valencia akan bertandang ke markas Mallorca pada pekan ke-36 Liga Spanyol, Kamis (24/5), sedangkan Real Madrid akan menjamu Rayo Vallecano, sehari sebelumnya.

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023