Jakarta (ANTARA) - Brighton & Hove Albion memastikan tempat di kompetisi Eropa musim depan untuk pertama kali dalam sejarah klub itu menyusul kemenangan 3-1 atas Southamption pada lanjutan Liga Inggris di Amex Stadium, Brighton & Hove, Minggu.

Evan Ferguson menyumbang dua gol untuk kemenangan Brighton yang kini aman menghuni peringkat enam klasemen dengan 61 poin, yang tak bisa terkejar lagi oleh penghuni peringkat delapan Tottenham Hotspur.

Oleh karena itu, Brighton menjamin tempat mereka di kompetisi Eropa, baik di Liga Europa atau Liga Conference Europa.

Satu poin tambahan dari dua pertandingan terakhir Brighton di Liga Inggris akan memastikan mereka finis enam besar klasemen dan tiket ke Liga Europa 2023/24.

"ini luar biasa, salah satu yang terbaik dalam karier saya," kata manajer Brighton Roberto De Zerbi kepada BBC seperti dilansir Reuters.

"Saya sangat bangga menjadi pelatih para pemain ini dan klub ini. Kami menang bersama, dan saya sangat bangga.

"Mereka yakin sejak momen pertama bahwa mereka layak lolos, kami melewati masa-masa yang berat, kami kehilangan banyak pemain karena cedera tapi ketika Anda memiliki semangat dalam diri, Anda mendorong hingga akhir untuk meraih target."

Setelah Kaoru Mitoma dan Carlos Alcaraz menyia-nyiakan peluang pada awal laga, Brighton membuka keunggulan pada menit ke-29 melalui tendangan kuat Ferguson, yang mengirim bola menerobos kaki kiper Alex McCarthy.

Momen kecermelangan individu dari Mitoma menggandakan keunggulan Brighton 10 menit berselang, saat pemain Jepang itu lolos dari kawalan Romeo Lavia di sayap kiri sebelum memberi Ferguson umpan terukur dengan sisi luar kakinya.

Mohamed Elyounoussi menyudahi sepak pojok James Ward-Prowse pada menit ke-58 sebagai gol balasan Southampton yang sempat mengejutkan Brighton untuk sesaat.

Southampton meluncurkan beberapa serangan pada beberapa menit selanjutnya dan Theo Walcott mendapati golnya dianulir karena offside menyusul tinjauan VAR.

Upaya bangkit Southampton dipupuskan oleh gol Pascal Gross pada menit ke-69 yang membawa Brighton kembali unggul dua gol, menyusul tendangan mendatar dari sisi kanan ke tiang dekat.

Para penggemar Brighton, yang menyaksikan tim kesayangan mereka bertanding di kasta ketiga League One 12 tahun silam, nyaris menyaksikan gol keempat tim mereka, namun McCarthy melakukan penyelamatan gemilang terhadap tendangan mendatar Gross.

Southampton, yang telah terdegradasi, tetap di dasar klasemen dengan 24 poin.



Baca juga: Kalahkan Southampton, Brighton ancam geser posisi Liverpool
Baca juga: Kemenangan atas Chelsea warnai perayaan juara Liga Inggris Man City
Baca juga: Libas Brighton 4-1, Newcastle United jaga asa finis empat besar

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023