Massachusetts (ANTARA News) - Pangsa pasar dua produsen ponsel asal China, Huawei dan ZTE, pada kuartal keempat 2012 telah melampaui pangsa pasar LG dan HTC, demikian hasil riset International Data Corporation (IDC) Worldwide Mobile Phone Tracker.

"Fakta bahwa Huawei dan ZTE sekarang berada di daftar lima produsen ponsel pintar menunjukkan pergeseran penting pada pasar global," sebut Manajer Riset tim IDC's Mobile Phone, Ramon Llamas, dalam situs resmi IDC.

Llamas mengatakan kedua produsen ponsel asal China itu mampu meningkatkan jumlah penjualan karena memfokuskan pada pasar pengguna massal.

"Tapi, dalam beberapa kuartal terakhir mereka telah mengalihkan perhatian ke perangkat-perangkat yang lebih canggih," kata Llamas.

IDC mencatat pangsa pasar ponsel pintar Huawei di seluruh dunia pada kuartal keempat 2012 sebesar 4,9 persen dengan pengapalan produk sebanyak 10,8 juta unit. Sedangkan pangsa pasar ZTE pada periode itu 4,3 persen dengan pengapalan produk 9,5 juta unit di seluruh dunia.

Meskipun pangsa pasar ponsel pintar di seluruh dunia masih didominasi Samsung dan Apple, pertumbuhan pengapalan produk Huawei tercatat paling tinggi sebesar 89,5 persen pada kuartal keempat 2012 dari kuartal keempat 2011.

Sementara pada periode itu, pertumbuhan ponsel pintar ZTE mencapai 48,4 persen atau melebihi pertumbuhan pengapalan iPhone Apple sebesar 29,2 persen.

(I026)

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013